BerandaSeputar DepokDinilai Kurang Efektif, Perda Garasi Bakal Kena Revisi

Dinilai Kurang Efektif, Perda Garasi Bakal Kena Revisi

tribundepok.com – Masih banyak pemilik kendaraan di Depok yang tidak punya garasi . Peraturan Derah (Perda) yang mengatur soal garasi akan direvisi, karena aturan tersebut dinilai kurang efektif .Hal ini diungkap Wali Kota Depok Mohammad Idris.

“Memang akan ditinjau kembali, dikonsultasikan ke Kementrian Dalam Negeri dan Kementrian Perhubungan karena hasil evaluasi di lapangan efektifitasnya kurang,” ujar Mohammad Idris.

Adapun aturan mengenai kewajiban memiliki garasi bagi pemilik kendaraan bermotor diatur dalam Pasal 34A Perda Nomor 1 Tahun 2020.

Perda yang disah kan tahun 2020 ini mengatur tentang Perubahan atas Perda Nomor 2 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Bidang Perhubungan.
“Sudah bisa dijalankan. Cuma efektifitasnya tadi (kurang) karena tempat-tempat yang memang realitanya sulit mendapatkan parkir,” ujarnya.

Kendala penerapan perda ini adalah minimnya lahan parkir yang disebabkan tidak semua pemilik kendaraaan punya lahan parkir. Sementara, pihaknya tak berwenang menekan pembatasan kendaraan bermotor.

“Karena pembatasan mobil yang dimiliki warga tidak bisa menjadi kewenangan pemerintah daerah. Ini hak privasi sehingga mereka masih sulit mendapatkannya,” ucap Idris.
Oleh karena itu, pihanya sedang memikirkan menyiapkan lahan parkir yang efektif. Dengan demikian, saat perda dijalankan dan sarana sudah ada maka efektifitasnya menjadi maksimal.

“Makanya solusinya bagaimana kita menyiapkan tempat parkir milik pemerintah atau pihak ketiga untuk bisa disewakan,” tuturnya.

Untuk saat ini, jika perda tersebut dijalanan memang bisa. Hanya saja untuk sanksi menjadi tidak maksimal. Sehingga perda tersebut kemungkinan akan direvisi sesuai dengan kajian lapangannya

” Perdanya akan direvisi. Kalau tidak efektif, sanksi akan dipertimbangkan juga,” pungkas Mohammad Idris.(d’toro)

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Keributan di Karaoke Inul Vista Berbuntut Panjang

0
tribundepok.com - Kasus keributan dan penganiayaan yang terjadi di outlet Inul Vista Karaoke DMall Margonda,Sabtu ( 8/6/2024) kini berbuntut panjang dan semakin rumit. Insiden...

Kupas Tuntas Masalah Blockchain hingga Industri Media Fesyen di Ajang Promed’s...

0
tribundepok.com – Pada akhir Mei lalu, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) melalui Program Studi Produksi Media menggelar ajang Promed’s IP WEEK di Auditorium...

Transformasi Lahan Tidur di Depok: Tasyakuran Sukses Urban Farming Menuju Cipayung...

0
tribundepok.com – Dalam upaya mendukung ketahanan pangan dan ekonomi lokal, Kodim 0508/Depok bersama Pemerintah Kota Depok dan komunitas petani yang tergabung dalam K3D berhasil...