HomeKesehatanUniversitas Indonesia (UI) Memperluas Kemitraan Internasional dengan Kampus Indiana...

Universitas Indonesia (UI) Memperluas Kemitraan Internasional dengan Kampus Indiana University

tribundepok.com – Universitas Indonesia (UI) terus menggalang kolaborasi kemitraan dengan perguruan tinggi global, memperluas jaringan internasionalnya. Sejak awal tahun 2024, berbagai perguruan tinggi dari Asia dan Amerika Serikat telah mengunjungi kampus UI di Depok, Jawa Barat, untuk menjajaki peluang kerja sama. Salah satu perguruan tinggi yang baru-baru ini bergabung dalam upaya kolaborasi ini adalah Indiana University, yang memiliki kampus utama di Bloomington, AS, dengan enam lokasi regional lainnya.

Indiana University, didirikan pada tahun 1820, dikenal memiliki lebih dari 200 pusat penelitian dan institut dengan jumlah mahasiswa mencapai 90.000. Selain itu, universitas ini juga terkenal dengan Sekolah Musik Jacobs di Bloomington dan Fakultas Kedokteran terbesar di Amerika Serikat. Meskipun telah memiliki posisi yang kuat dalam kancah pendidikan tinggi global, Indiana University berada di peringkat 198 dalam Times Higher Education (THE) World University Ranking (WUR) terbaru.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D, menyambut delegasi dari Indiana University dengan antusias, menegaskan pentingnya kerja sama lintas batas bagi kedua institusi. “Pertemuan ini merupakan kesempatan penting untuk membina kolaborasi dan pemahaman antara Indiana University dan UI,” ungkap Prof. Ari. Dia juga menambahkan bahwa, “Kami berharap Indiana University dapat menjadi mitra baru bagi UI dalam menjalankan berbagai program kerja sama.”

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Ari membahas potensi kerja sama antara UI dan beberapa fakultas Indiana University. Dengan Fakultas Teknik UI yang berfokus pada transisi energi terkait perubahan iklim, Fakultas Ilmu Komputer yang telah memiliki kerja sama internasional dengan Leiden University di Belanda, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang aktif terlibat dengan industri, terdapat banyak peluang kolaborasi yang dapat dieksplorasi.

Miguel E. Ayllon, Ph.D, Associate Vice President for International Affairs Indiana University, menegaskan komitmen universitasnya untuk menjalin kemitraan yang erat dengan institusi pendidikan lain di seluruh dunia. “Kami melihat potensi kerja sama yang besar dalam hal mobilitas mahasiswa, penelitian bersama, dan kolaborasi lintas fakultas,” ungkap Miguel. Ia juga menyoroti manfaat positif yang akan dihasilkan bagi kedua institusi dan individu yang terlibat dalam kolaborasi ini.

Kedua universitas ini berencana untuk menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk merinci butir-butir kerja sama yang akan direalisasikan. Tim dari UI yang menyambut delegasi Indiana University pada Senin (15/1/2024) terdiri dari berbagai pejabat universitas dan perwakilan fakultas, sementara delegasi Indiana University yang turut hadir juga menghadirkan beberapa tokoh penting, termasuk Director of the ASEAN Gateway, Peter Boon Jarern, dan President Yayasan Alumni IU Indonesia, Dhiny Novianti.

Kemitraan antara UI dan Indiana University diharapkan akan membawa manfaat besar bagi kedua institusi, serta memperluas kesempatan bagi mahasiswa dan staf untuk terlibat dalam pengalaman pendidikan dan penelitian yang lebih beragam dan berdaya saing di tingkat global.( Joko Warihnyo )

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Universitas Indonesia Hadir di IIETE 2024: Membuka Peluang Pendidikan yang Luas...

0
tribundepok. com - Universitas Indonesia (UI) kembali memperkuat kehadirannya dalam dunia pendidikan dengan berpartisipasi untuk ke-20 kalinya dalam Indonesia International Education and Training Expo...

Pemusnahan 183 Barang Bukti Kasus Pidum dan Pidsus: Langkah Bersama dalam...

0
tribundepok.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok menggelar pemusnahan barang bukti dari 183 kasus perkara pidana umum (Pidum) dan pidana khusus (Pidsus) yang telah dinyatakan...

Perokok Baru di Kota Depok Meningkat, Sekda Ajak Tingkatkan Kepatuhan terhadap...

0
tribundepok.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Jawa Barat, Supian Suri, mengungkapkan bahwa tingkat perokok baru di kota tersebut mencapai 29 persen. Bahkan, anak-anak...