BerandaNasionalTiga Mahasiswa UI Raih Juara di International Youthpreneur Competition...

Tiga Mahasiswa UI Raih Juara di International Youthpreneur Competition Berkat Inovasi Mikro Hidro

tribundepok.com — Tiga mahasiswa dari Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) berhasil menorehkan prestasi gemilang di kancah internasional. Amar Falah Riyanto, Farras Hafizh Al Farisi, dan Ivan Kusno menciptakan inovasi pembangkit listrik tenaga mikro hidro yang dinamai “Varuna: Electrifying Sustainable Communities with Clean Energy Through Smart-Nature Friendly Micro Hydro Power Plants”. Inovasi ini mengantarkan mereka meraih Juara 1 pada International Youthpreneur Competition, Ganesha Business Fest 2024.

Indonesia, sebagai negara kepulauan, menghadapi tantangan besar dalam penyediaan energi listrik yang merata dan stabil. Banyak daerah pedesaan dan terpencil masih bergantung pada pembangkit listrik tenaga diesel yang mahal dan tidak ramah lingkungan.

“Saat ini, tercatat ada 5.200 pembangkit listrik tenaga diesel di Indonesia. Pembangkit ini memiliki biaya operasional tinggi dan menghasilkan emisi gas rumah kaca yang signifikan,” ujar Farras,Rabu ( 19/6/2024)

Dengan memanfaatkan aliran sungai, Varuna mampu menghasilkan listrik yang cukup untuk memenuhi kebutuhan komunitas di daerah pedesaan.

“Varuna memberikan solusi dengan biaya modal dan operasional yang lebih rendah dibandingkan pembangkit listrik tenaga diesel, serta dampak lingkungan yang lebih kecil,” tambah Farras.

Inovasi ini didesain dengan turbin Kaplan yang mengkonversi energi potensial dan kinetik air menjadi energi listrik, dilengkapi dengan protective mesh untuk mencegah masuknya hewan akuatik dan kotoran.

Kompetisi yang diadakan oleh Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 8 Februari—25 Mei 2024 ini diikuti oleh peserta dari berbagai negara. Dekan FTUI, Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., menyatakan bahwa potensi hidro di Indonesia sangat besar karena kondisi geografisnya yang kaya akan sungai dan aliran air.

“Pulau-pulau besar seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua memiliki banyak sungai yang mengalir sepanjang tahun, menjadikannya lokasi ideal untuk pengembangan pembangkit listrik tenaga mikro hidro,” ujarnya.

Keberhasilan ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas hidup di daerah-daerah terpencil melalui akses listrik yang lebih andal dan berkelanjutan. Selain itu, inovasi ini juga mendukung inisiatif pemerintah Indonesia dalam meningkatkan penggunaan energi terbarukan dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Jika dikembangkan dan direalisasikan lebih lanjut, Varuna tidak hanya akan memberikan manfaat ekonomi, tetapi juga mendukung upaya global dalam mengatasi perubahan iklim dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat untuk generasi mendatang.( JW )

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Bunda Elly Farida Ajak Kader PKK Naik Biskita Trans Depok

0
tribundepok.com - Puluhan kader PKK dari berbagai kelurahan di Kota Depok berkesempatan mencoba transportasi publik baru yakni Biskita Trans Depok. Transportasi massal ini dijadwalkan...

J&T Express Bersama IPEA Luncurkan Prangko Eksklusif Guna Dukung Inovasi Dan...

0
tribundepok.com, Jakarta -- Dalam rangka mendukung inovasi dan kemajuan industri pengiriman di Indonesia J&T Express bersama Indonesia Performance Excellence Award (IPEA) meluncurkan prangko eksklusif...

Nikmati Promo All You Can Eat Dimsum Sunday Brunch Di Hotel...

0
tribundepok.com – Hotel Ciputra Jakarta menyediakan penawaran menarik bagi para pecinta dimsum dengan beragam pilihan hidangan lezat dan otentik. Dengan menghadirkan “All You Can Eat...