BerandaJawa BaratSejarah Penampakan Situ Cigudeg Kabupaten Bogor

Sejarah Penampakan Situ Cigudeg Kabupaten Bogor

Bogor, tribundepok,com- Situ Cigudeg saat ini memiliki pemandangan Letter Sign yang di bangun oleh DPKPP kabupaten Bogor, Danau ini terletak di Desa Cigudeg Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.

Memiliki jarak 42 km dari Kota Bogor ke arah barat, melalui Dramaga, Cibungbulang, Leuwiliang dan Sadeng untuk menemukan danau atau Situ Cigudeg ini.

Situ Cigudeg ini berada tepat di pinggir jalan raya yang menghubungkan Kota Bogor dengan Rangkas Bitung dan Pandeglang.

Pada awalnya Situ Cigudeg ini memiliki kedalaman 0,5 sampai 20 meter yang menampung air dari dua buah sumber mata air yang berada di sisi sebelah timur dan selatan.

Hingga tahun 1942 ekosistem disana sama sekali tidak terganggu.

Dulu, Situ Cigudeg ini dimanfaatkan sebagai irigasi sawah dan pembangkit listrik oleh sebuah pabrik pengolahan teh yang kemudian beralih ke karet milik pengusaha perkebunan bangsa Belanda yang berada di sekitar Cigudeg.

Tahun 1970 air danau Situ Cigudeg masih nampak jernih walaupun pendangkalan sudah mulai nampak seiring meningkatnya jumlah penduduk di sekitarnya.( Joko Warihnyo )

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Koalisi PKS-Golkar Ajukan Imam-Ririn: Sudah 99 Persen Siap di Pilkada Depok...

0
tribundepok.com - Koalisi antara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Golkar hampir memastikan pasangan Imam Budi Hartono dan Ririn Farabi Arafiq sebagai calon wali...

SS Tak Gentar: Relawan SSS Yakin Maju Terus di Pilkada Depok...

0
tribundepok.com – Munculnya rumor yang mengabarkan bahwa Bakal Calon Walikota Depok Koalisi "Sama-Sama " Supian Suri,oakan mundur dari pencalonan Pilkada Depok sempat menghebohkan publik...

Pilkada 2024 Depok: KPU Pastikan Tak Ada Calon Perseorangan

0
tribundepok.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Wili Sumarlin, memastikan bahwa pemilihan wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada Serentak 2024...