Seputar Depok

Rubah Mindset Masyarakat Soal Kebersihan

Tak hanya itu kedepan Antoni dan jajaran LPM nya bakal mengajak staf kelurahan dan juga guru serta siswa dari sekolah-sekolah yang ada di wilayahnya untuk meyelamatkan lingkungan dengan melaksanakan gerakan sekali sebulan tanpa plastik.

tribundepok.com –  Tak mudah menjaga kebersihan wilayah apalagi jika memiliki dua pasar yang lumayan besar seperti Kelurahan Abadijaya yang memiliki Pasar Agung dan Pasar Musi. Itu sebabnya LPM Abadijaya ingin merubah fokus pembangunan di wilayahnya.

“ Kami ingin merubah mindset di masyarakat soal kebersihan, ini untuk menyelamatkan lingkungan kami ”. Hal itu disampaikan Antoni Sarumaha, ketua LPM Kelurahan Abadijaya. Antoni kembali terpilih menjadi ketua LPM dengan 74 suara setelah mengalahkan Andiyoko yang mendapat 44 suara serta tiga lawan lainnya.

Di periode kedua ini Antoni tak lagi memfokuskan pada pembangunan infrastruktur, melainkan lebih pada mengatasi sampah dan masalah air bersih di lingkungan. “ Infrastruktur sudah hampir semua terselesaikan. Memang dengan adanya perubahan kebijakan pemerintah sehingga sejumlah rencana pembangunan yang sudah diusulkan RT RW tidak bisa terealisasi di tahun ini. Tetapi sebenarnya tidak terlalu berpengaruh karena di wilayah kami pembangunan infrastrukturnya hampir tuntas. Itu masih bisa diatasi dengan menunggu dana aspirasi dewan ”.

Menurut Antoni masalah sampah ini tidak sederhana, tidak bisa sebatas menghimbau agar tak buang sampah sembarangan. Terutama disekitar kedua pasar. “ Ini tidak hanya melibatkan pedagang. Orang datang dari mana-mana sulit mengontrolnya. Siang kita adakan operasi bersih eh paginya sudah ada tumpukan sampah lagi, “ keluhnya.

Mengatasi masalah tersebut Abadijaya akan mencoba membudayakan kebiasaan hidup bersih di masyarakat tidak buang sampah sembarangan,” Kami ingin mengatasi timbunan sampah, upaya meningkatkan bank sampah dan pemeliharaan air bersih. Tak hanya itu masalah Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) juga jadi perhatian kami. Kami ingin mencapai lingkungan bebas ODF ( Open Defecation Free),” ujarnya.

Tak hanya itu kedepan Antoni dan jajaran LPM nya bakal mengajak staf kelurahan dan juga guru serta siswa dari sekolah-sekolah yang ada di wilayahnya untuk meyelamatkan lingkungan dengan melaksanakan gerakan sekali sebulan tanpa plastik. (toro)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close