BerandaSeputar DepokRidwan Kamil Resmikan Pembangunan Underpass Dewi Sartika

Ridwan Kamil Resmikan Pembangunan Underpass Dewi Sartika

tribundepok.com – Harapan warga Depok agar kemacetan berkurang agaknya bisa terlaksana dalam 9-10 bulan ke depan. Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil disaksikan Walikota Depok KH Mohammad Idris dan Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono, meletakkan batu pertama sebagai penanda dimulainya pembangunan Simpang Jalan Tidak Sebidang atau Underpass Jalan Dewi Sartika, Kota Depok, Senin ( 14/2/22).

Menurut Ridwan Kamil, pembangunan underpass menjawab keluhan masyarakat Depok dan sekitarnya soal kemacetan. Dengan underpass ini, kendaraan tidak perlu bermacet-macetan menunggu kereta lewat karena dialihkan menuju ke bawah lewat terowongan.

“Alhamdulillah saya kembali ke sini membawa kabar baik. Mohon dimonitor insyaallah ini menjadi jawaban untuk aspirasi yang sering kami dengarkan terkait beberapa titik kemacetan di titik itu,” kata Ridwan Kamil.

Upaya pengurangan kemacetan lewat underpass juga akan membuat produktivitas masyarakat meningkat. Sebab waktu tempuh masyarakat menjadi lebih singkat.

“Insyaallah lalu lintas Depok makin lancar dalam waktu 9 sampai 10 bulan kita akan punya underpass baru yang akan menghilangkan pertemuan lalu lintas dengan jalur kereta api yang selama ini jadi biang kemacetan, ” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Provinsi Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono mengatakan, pendanaan proyek pembangunan ini merupakan kerja sama antara Pemda Provinsi Jawa Barat dengan Pemda Kota Depok.

Biaya pembangunan sebesar Rp297,6 miliar ini berasal dari APBD Provinsi Jawa Barat dan Kota Depok.

Menurut Bambang, rinciannya adalah pembebasan lahan sebesar Rp189 miliar dibiayai oleh APBD Kota Depok. Sedangkan konstruksinya berasal dari APBD Provinsi Jawa Barat sebesar Rp108,6 miliar.

“Pekerjaan pembangunan underpass sepanjang 470 meter dan dua jalur ini merupakan kerja kolaborasi.Semoga kedepannya bisa mengurangi kemacetan dan perekonomian kota Depok bisa tumbuh maksimal,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Walikota Depok meminta bantuan propinsi Jawa Barat untuk membantu merapikan kabel yang menumpuk berantakan di sepanjang JL Dewi Sartika.
“Kami sudah sempat merapikan, tapi memang sejak Covid pengawasan kurang, jadi berantakan lagi, ” ujarnya.
Permasalahannya menurut Idris, perijinan pemasangan kabel itu adanya di propinsi, jadi pihaknya minta bantuan propinsi untuk ijin merapikannya.

” Mungkin kabel milik Telkom ini tidak membahayakan , namun semrawut tidak enak dipandang, apalagi kalau nanti underpass selesai.Tentunya akan lebih baik jika semuanya tapi,” pungkasnya.(d’toro)

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Calon Walikota Depok Bang SS Akan Bacakan Puisi di Hari Krida...

0
tribundepok.com – Dalam rangka memperingati Hari Krida Pertanian yang jatuh setiap tanggal 21 Juni, masyarakat Kota Depok akan mengadakan sebuah acara yang penuh dengan...

Kode Keras PSI Dukung dr Ririn untuk Pilkada Depok 2024

0
tribundepok.com – Dalam rangka menyongsong pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024, dinamika politik di Kota Depok mulai memanas dengan berbagai manuver strategis partai-partai politik....

Keributan di Karaoke Inul Vista Berbuntut Panjang

0
tribundepok.com - Kasus keributan dan penganiayaan yang terjadi di outlet Inul Vista Karaoke DMall Margonda,Sabtu ( 8/6/2024) kini berbuntut panjang dan semakin rumit. Insiden...