HomeSeputar DepokLumbung Sedekah Pangan , Gotong Royong Bantu Warga

Lumbung Sedekah Pangan , Gotong Royong Bantu Warga

tribundepok.com – Covid tak selamanya mempunyai dampak buruk, setidaknya bagi warga RW 13, Kelurahan Bhaktijaya. Kecamatan Sukmajaya. Kondisi Covid ini membuat warga sadar perlunya menghidupkan kembali semangat Gotong Royong. Melihat sekian banyak orang porak poranda perekonomiannya terdampak Covid. Sasmita, Ketua 13 mengambil inisiatif untuk membuat lumbung pangan.

“ Adanya Covid membuat usaha masyarakat menurun, bahkan sebagian kehilangan pekerjaan atau dirumahkan. Kondisi masyarakat kecil yang terhimpit ini membuat kami sadar harus tolong menolong. Warga yang mampu bisa menyumbang beras atau bahan pangan lainnya. Bahan sembako di kumpulkan di kantor RW Dan setiap hari Senin dan Kamis pk 08.00 – 10.30 WIB. warga tak mampu bisa mengambilnya di kantor RW. Ada petugas yang mengatur penerimaan dan pendistribusian bahan pangan agar tak terjadi antrian,” ujar Sasmita.

Karena kebutuhan warga cukup besar maka dicoba untuk mencari donatur tambahan di luar RW 13 .Sasmita senang ternyata tak hanya warga setempat yang punya kepedulian. ACT yang mengetahui adanya upaya gotong royong ini juga tergerak membantu memberikan sumbangan sembako. Karena kemitraan ini berjalan baik dan rutin, pihak RW yang ingin membedakan dengan program bantuan lain yang dibagikan dan pihak lain.

“ Maka kami mengganti namanya Program Lumbung Sedekah Pangan dan kami patenkan nama tersebut. Nama-nama penerima pun sudah tercatat dan memang layak menerima bantuan. Kami ingin kegotongroyongan ini kedepannya tetap berjalan, karena manfaatnya besar bagi warga tak mampu,” ujar RW yang mengepalai 10 RT dan kurang lebih terdiri dari 400 KK ini

“ Kegiatan dari warga untuk warga ini sebenarnya sudah berjalan sejak Maret 2019, jauh sebelum adanya Covid, tujuannya sama membantu warga kurang mampu, namanya Lumbung Pangan namun semenjak Covid lebih diaktifkan. Setelah sempat ada kerjasama dengan ACT dirubah namanya menjadi Lumbung Sedekah Pangan , dan Grand Launching kegiatan ini dilakukan bulan September 2020 lalu,” ujar Sasmita menambahkan.

Upaya ini juga diapresiasi oleh Lurah Baktijaya, R. Iwan Menurutnya upaya gotong royong seperti ini akan membantu ketahanan pangan warga kurang mampu hingga saat. ” Ini merupakan inovasi kreatif di masa pandemic yang patut ditiru wilayahn lain.

Selain Lumbung Sedekah Pangan, RW 13 ini juga punya cara lain membantu meningkatkan kesejahteraan warga. “Setiap minggu kami membuka bazaar di sekitar halaman kantor RW. Awalnya hanya diisi oleh ibu-ibu PKK bekerjasama dengan RW. Tapi kini warga juga boleh ikut berjualan di bazaar ini. Lumayan, peminatnya bukan hanya warga setempat tetapi juga dari lingkungan sekitar, jadi bias meningkatkan penghasilan,”pungkas Samita (toro)

 

 

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Semarak Halal Bihalal Polres Metro Depok: Mempererat Tali Silaturahmi dalam Semangat...

0
tribundepok.com - Suasana kehangatan dan kebersamaan memenuhi Lapangan Polres Metro Depok pada acara Halal Bihalal yang digelar oleh Kapolres Metro Depok, Kombes Pol Arya...

Keputusan SK DPP PKS Membuat Penasaran : Drama Kontroversi Jelang Pilkada...

0
tribundepok.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat (Jabar) membuat keputusan dengan menurunkan Imam Budi Hartono ( IBH ) sebagai calon wali kota dalam...

Supian Suri: Langkah Strategis Menuju Kursi Walikota Depok dengan Dukungan Partai...

0
tribundepok.com – Suasana Idul Fitri yang masih menyelimuti kota Depok memberikan kesempatan emas bagi tokoh masyarakat dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri,...