HomeSeputar DepokLokasi Wisata Berbasis Hobby

Lokasi Wisata Berbasis Hobby

tribundepok.com – Niat Idris – Imam menjadikan Depok sebagai salah satu destinasi wisata Jawa Barat dimulai dengan penggalian potensi situ –situ yang dimiliki . Dari 23 Situ yang tersisa . ada beberapa yang sudah di normalisasi salah satunya Setu Rawa Kalong (RK). Meski baru akan di lantik bulan Februari tahun depan, agaknya upaya untuk meninjau, mempelajari dan mempersiapkan langkah kedepan sudah dilakukan oleh Imam Budi Hartono. Tak sekedar meninjau lokasi, menurut Imam persiapan tersebut sudah dilakukan jauh sejak dirinya masih menjadi Ketua Komisi IV DPRD Propinsi Jawa Barat.

” Untuk Setu Rawa Kalong misalnya, sudah sejak 2018 lalu dipersiapkan sebagai salah satu destinasi wisata karena viewnya yang bagus, misalnya dengan membersihkan. Menurab bibir setu, membebaskan lahan sekitar dan mempersiapkan sarana. Untuk pendanaannya pun Kita akan maksimalkan , kita anggarkan baik dari APBD Depok. Hibah dari APBN, APBD Propinsi Jawa Barat maupun CSR. Bukan hanya dibersihkan atau diturab saja, tapi juga kita persiapkan view Setu Rawa Kalong dan sarananya.” Ujar Imam Budi Hartono .

Terkait sarana jalan menuju lokasi yang masih kurang layak untuk dilalui kendaraan wisata, Imam mengatakan akan mengupayakan jalan pintas dari Raya Bogor ke lokasi. “ Dananya antara lain sebagian juga bisa diambil dari yang 5 M per kelurahan, untuk memperbaiki potensi wilayah,” ujar Imam.

Anggaran untuk Seru Rawa Kalong ini bukan main-main, mencapai 80 milyar, dianggarkan berkala sejak 2018 silam . Hal tersebut dibenarkan oleh M.Nurdin. Ketua Pokdarwis.

“ Dari 2018 ada dana dari Depok 120 juta untuk bikin dermaga, lantas 5,3 M dari APBN untuk membuat turab dan Joging track. Ada pula dana dari propinsi Jawa Barat, 4,2 M untuk penyelesaian turab. Dan sejumlah lainnya hingga sekarang penurapan sudah selesai. Dan akan datang ditambahkan 20 M untuk satu paket menata setu dan isinya serta sarana penunjangnya umpamanya lahan parkir, dermaga speedboat, view setu , dibuat sarana lain seperti kioas untuk para pedagang dan UMKM,” ujar M. Nurdin.

Nurdin berharap dengan anggaran sebesar itu Kota Depok akan memiliki destinasi wisata yang membanggakan bahkan layak untuk jadi destinasi wisata nasional seperti hal nya pasar apung di Bandung.

Terkait perencanaan tersebut, Ketua LPM Curug, H. Dody Kurniawan mengatakan adanya keinginan membuat destinasi wisata yang unik sehingga menarik wisatawan untuk datang.

“ Kami ingin menjadikan setu Rawa Kalong ini destinasi wisata berbasis hobby. Selain unik ini akan mengundang pengunjung mendatangi setu ini. Misalnya ada kawasan untuk yang hobby burung paruh bengkok, kicau, tanaman hias, ikan cupang bahkan mungkin batu cincin dan sebagainya. Ini akan menghidupkan perekonomian masyarakat sekitar. Jika mereka tahu bisa mendapatkan apa yang menjadi hobinya di sini maka akan datang kemari bersama komunitasnya. Di setu ini juga akan ada kawasan bagi yang suka memancing, juga ada speed boat. Dengan ramainya pengunjung wisata terntunya akan menumbuhkan pangsa kuliner pula,” ujar Dody Kurniawan . (toro)

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Kepala BPN Kota Depok Membahas Proses Sertifikasi Aset PWI dalam Konferensi...

0
tribundepok.com - Pada rangkaian Hari Pers Nasional (HPN), Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) PWI 2024 menghadirkan Indra Gunawan, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok,...

PWI Kota Depok dan Kantor Pajak Pratama Depok Cimanggis Bersinergi dalam...

0
tribundepok.com -- Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok, Rusdy Nurdiansyah, menjamu kunjungan istimewa dari Kepala Kantor Pajak Pratama Depok Cimanggis, Eko Pandoyo, Kamis...

PKS Kota Depok Memimpin Dalam Real Count Pileg 2024, Imam Budi...

0
tribundepok.com - Ketua DPD PKS Kota Depok, Imam Budi Hartono, memberikan tanggapan terhadap hasil sementara Pemilihan Legislatif (Pileg) DPRD Kota Depok pada Pemilu 2024....