Seputar Depok

Liburanku Rambah Kegiatan Kampus

Program Studi PGSD FKIP UHAMKA, setiap tahunnya rutin melaksanakan kegiatan PKL dan Studi Pengembangan Wawasan, kegiatan ini merupakan salah satu mata kuliah yang termasuk dalam Kurikulum Program Studi.

tribundepok.com – Liburanku Tour & Travel mencoba melirik pasar mahasiswa yang selama ini kurang diminati perusahaan travel karena prosesnya lebih rumit. Tak sekedar mengantarkan mereka ketempat tujuan tetapi juga ‘mengatur ‘ schedule ‘ kegiatan dan mempermudah proses di lapangan.

“ Kami siap menangani program –program seperti  PKL ke daerah dan juga studi banding antar kampus karena kami memiliki crew yang mempunyai wawasan luas dan kemampuan menangani kegiatan-kegiatan di lapangan seperti ini, Kami tak sekedar menawarkan kemudahan perjalanan tetapi juga bisa sebagai event organizer, yang memudahkan klien kami melaksanakan tugas kampusnya,” ujar Adi, pimpinan Liburanku Tour & Travel.

Liburanku tak menutup kemungkinan bila ada klien yang meminta ‘paket ‘ lengkap termasuk menentukan lokasi, sasaran PKL, daftar kegiatan  dan akomodasinya. “ Yang seperti ini bisa menghemat waktu dan biaya bagi klien karena kami yang melakukan survey di lapangan dan melaporkan kegiatan apa saja yang bisa di laukukan di sana. Kami juga mengatur tempat tinggal dan makan peseta dalam jangka waktu yag cukup panjang,” paparnya.

Sebagai contoh baru-baru ini Liburanku menangani pelaksanaan PKL dan Studi Pengembangan Wawasan Prodi PGSD FKIP Uhamka tahun 2020 yang berlokasi di Desa Poncokusumo , di dekat Gnung Semeru, Malang, Jawa Timur.     Kegiatan PKL dan Studi Pengembangan Wawasan ini diikuti oleh 338 mahasiswa, 20 dosen pembimbing dan 9 panitia pendamping.

Dilaporkan juga bahwa fokus kegiatan PKL PGSD FKIP UHAMKA adalah pengabdian di 10 sekolah dasar yang tersebar di 3 desa yaitu Desa Poncokusumo, desa Pandan Sari, dan desa Tumpang. Adapun sekolah yang menjadi lokasi pelaksaan PKL dan Studi Pengambangan Wawasan antara lain : SD 01 Poncokusumo, SD 02 Poncokusumo, MI Sunan Muria, MI Al Hidayah, SD 01 Pandansari, SD 02 Pandansari, SD 01 Wonorejo, SD 01 Wringin Anom, SD 03 Wringin Anom, SD Muhammadiyah 3 Tumpang. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20 hingga 25 Februari 2020.

Program Studi PGSD FKIP UHAMKA, setiap tahunnya rutin melaksanakan kegiatan PKL dan Studi Pengembangan Wawasan, kegiatan ini merupakan salah satu mata kuliah yang termasuk dalam Kurikulum Program Studi.

Dalam acara pembukaan di Balai Desa Poncokusumo yang dihadiri oleh Kepala Desa, Bapak Muhammad Irwan beserta perangkat Desa, Pimpinan FKIP UHAMKA yang diwakili oleh Wakil Dekan III, Bapak Dr. Tri Wintolo Apoko, M.Pd, Ketua Program Studi PGSD, beserta Sekretaris, Dosen Pembimbing dan Panitia Pendamping. Dalam Laporannya, Ketua Program Studi PGSD FKIP UHAMKA, Ibu Ika Yatri, M.Pd Kegiatan ini merupakan salah satu sumber informasi dan wadah yang baik untuk meningkatkan Kemampuan Sosial, Emosional, Intelektual dan Spiritual bagi para mahasiswa.

Upaya Liburanku bisa dikatan sebagai kemajuan bagi dunia tour & travel tanah air. “ Buat kami ini hanya langkah inovasi saja. Jika sebelumnya kami mampu menangani program sekolah seperti LDKS untuk SMP, outing class untuk SMP/SMA ataupun kegiatan sekolah lainnya. Maka kami yakin yang ini juga bisa,” ujarnya menutup pembicaraan. (toro)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close