BerandaSeputar MiliterKibarkan 1945 Bendera Merah Putih di Puncak Ciremai Lanud...

Kibarkan 1945 Bendera Merah Putih di Puncak Ciremai Lanud Sugiri Sukani Cetak Rekor MURI

tribundepok.com, Majalengka — Dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun, Pangkalan TNI Angkatan Udara Sugiri Sukani (Lanud SKI) mencetak rekor dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan melaksanakan upacara peringatan HUT RI dengan mengibarkan 1945 Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Ciremai di ketinggian 3.078 Mdpl, Majalengka, pada Kamis (17/8).

Pemberian Piagam Penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia dari Ketua MURI tersebut, diberikan oleh perwakilan MURI, Bryan Razu Ramadhan Customer Relation Manager, dengan menyampaikan, “Pengibaran Bendera Merah Putih terbanyak di Puncak Gunung dianugerahkan kepada Pangkalan TNI Angkatan Udara Sugiri Sukani (Lanud SKI) Koopsud I dan dicatatkan sebagai rekor dunia”.

Dalam pelaksanaan pengibaran bendera merah putih di Puncak Gunung Ciremai diikuti 1862 personel peserta yang terdiri dari personel militer Lanud Sugiri Sukani, Komunitas Pecinta Alam dan berbagai unsur masyarakat.

Dalam pelaksanaan upacara tersebut dipimpin langsung oleh Danlanud SKI Letkol Pnb Supardo Butarbutar, M.Han. selaku Inspektur Upacara dengan agendanya menancapkan 1.945 Bendera Merah Putih di sepanjang Rute Pendakian, Jalur Apuy, Jalur Palutungan dan jalur Linggar Jati hingga bersama-sama mencapai Puncak Gunung Ciremai.

Kegiatan pengibaran bendera Merah Putih di puncak gunung ini adalah yang pertama kali dilaksanakan oleh jajaran TNI Angkatan Udara yang digagas oleh Komandan Lanud Sugiri Sukani, dengan merangkul semua elemen masyarakat.

“Hal tersebut untuk mengenang dan mewujudkan semangat juang dan rela berkorban serta meningkatkan kualitas pengabdian sebagai bangsa negara yang cinta akan tanah airnya yaitu Indonesia” ungkap Letkol Pnb Supardo Butarbutar, M.Han. Danlanud SKI.

“Upacara pengibaran bendera Merah Putih di Puncak Gunung Ciremai ini dilaksanakan untuk memberikan sesuatu yang lebih terhadap rasa cinta kepada tanah air Indonesia kepada masyarakat dan para pemuda pemudi pecinta alam serta menumbuhkan rasa persatuan, kesatuan dan kekeluargaan antara Pangkalan TNI AU Sugiri Sukani dengan masyarakat sekitar,” Supardo menambahkan.

Mewakili Pangkoopsud I Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., Kapen Koopsud I Kolonel Sus Gerardus Maliti, S.Sos., M.Si., menyampaikan, “Apresiasi dan kebanggaan yang setingginya kepada Lanud SKI, Para Rekan Komunitas Pecinta Alam dan masyarakat sekitar yang telah mencacatkan rekor dunia dengan melaksanakan Upacara dan pengibaran 1945 Bendera di Puncak Gunung Ciremai.”

Berbagai persiapan direncanakan dengan matang diantaranya persiapan personel yang terlibat meliputi Kesehatan jasmani dan rohani, persiapan peralatan dan kelengkapan dalam mendaki, juga Latihan fisik secara rutin di Lanud Sugiri Sukani demi terlaksananya upacara itu.

Selain itu, pendekatan teritorial kedirgantaraan kepada masyarakat yang dilakukan oleh Kadispotdirga Lanud SKI Mayor Tek Edhie Purnomo dan para Babinpotdirganya.
Ditempat terpisah, ketua panitia pelaksana Upacara peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Lettu Sus Sandra S., S.T.Han., yang sehari-hari menjabat sebagai Kaintel Lanud Sugiri Sukani menyampaikan, “Selain pengibaran bendera Merah Putih di Puncak Gunung Ciremai, dilaksanakan juga karya bakti dengan melaksanakan pembersihan sampah-sampah sepanjang jalur turun dari puncak menuju ke Posko Apuy dan Palutungan agar kelestarian alam tetap terjaga dan terpelihara”.

Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. (koes)

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Bunda Elly Farida Ajak Kader PKK Naik Biskita Trans Depok

0
tribundepok.com - Puluhan kader PKK dari berbagai kelurahan di Kota Depok berkesempatan mencoba transportasi publik baru yakni Biskita Trans Depok. Transportasi massal ini dijadwalkan...

J&T Express Bersama IPEA Luncurkan Prangko Eksklusif Guna Dukung Inovasi Dan...

0
tribundepok.com, Jakarta -- Dalam rangka mendukung inovasi dan kemajuan industri pengiriman di Indonesia J&T Express bersama Indonesia Performance Excellence Award (IPEA) meluncurkan prangko eksklusif...

Kisruh di Inul Vista Karaoke: Kasus Penganiayaan Masih Menggantung, Rekaman CCTV...

0
tribundepok.com - Kasus keributan dan penganiayaan yang terjadi di outlet Inul Vista Karaoke DMall Margonda pada 8 Juni 2024 telah berlangsung lebih dari satu...