BerandaKesehatanJangan Asal Makan, Ini Macam Jenis Jamur Yang Bisa...

Jangan Asal Makan, Ini Macam Jenis Jamur Yang Bisa Dikonsumsi

tribundepok.com – Jamur yang aman untuk dikonsumsi adalah jenis-jenis yang telah diidentifikasi sebagai tidak beracun dan cocok untuk dimasak.

Sebelum mengonsumsi jamur dari alam liar atau yang tidak dikenal, sangat penting untuk memiliki pengetahuan yang cukup tentang jenis-jenis jamur yang aman dan yang berpotensi beracun.

Penting untuk memastikan bahwa jamur yang dikonsumsi sudah matang dengan baik.

Memasak jamur dapat menghancurkan enzim atau zat beracun yang mungkin ada dalam jamur mentah.

Selalu pastikan untuk membeli atau mengonsumsi jamur dari sumber yang terpercaya, terutama jika tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang identifikasi jamur.

Jika tidak yakin apakah suatu jenis jamur aman atau tidak, lebih baik menghindari mengonsumsinya.

Jangan Asal Makan, Ini Macam Jenis Jamur Yang Bisa Dikonsumsi

Berikut jenis jamur yang aman untuk dikonsumsi:

1. Jamur Tiram

Jamur tiram (Pleurotus Ostreatus) adalah salah satu jenis jamur yang aman dan populer untuk dikonsumsi. Mereka juga dikenal dengan sebutan “Oyster Mushrooms” karena bentuk dan tekstur mereka yang mirip dengan tiram laut. Jamur tiram memiliki warna putih atau cokelat dengan tutup yang datar dan tangkai yang pendek dan dapat dimasak dengan berbagai cara, seperti digoreng, direbus, dipanggang, atau ditumis.

2. Jamur Shiitake

Jamur shiitake (Lentinula Edodes) adalah jenis jamur yang berasal dari Asia dan sangat populer dalam masakan. Mereka memiliki bentuk cangkir yang khas dengan bagian atas yang melengkung dan tepi yang bergelombang.

Jamur shiitake memiliki warna cokelat hingga gelap, dan kulitnya dapat sedikit keras dan mempunyai rasa yang kaya dan aromatik. Mereka sering digunakan dalam berbagai hidangan, terutama dalam masakan Asia seperti masakan Tiongkok, Jepang, dan Korea dan bisa dimasak dengan berbagai cara, seperti ditumis, dijadikan sup, atau digunakan dalam hidangan nasi atau mie.

3. Jamur Kuping

Jamur kuping (Auricularia Auricula-Judae) juga dikenal sebagai “Wood Ear Mushroom” atau “Cloud Ear Mushroom,” adalah jenis jamur yang sering digunakan dalam masakan Asia. Mereka mendapatkan nama “kuping” karena bentuk dan tekstur mereka yang menyerupai telinga manusia.

Jamur kuping memiliki warna yang bervariasi, termasuk hitam, cokelat, atau keabu-abuan dan memiliki tekstur renyah dan agak kenyal setelah dimasak.

Jamur kuping umumnya memiliki rasa yang netral, sehingga mereka sering digunakan dalam berbagai hidangan untuk menambah tekstur dan tampilan visual.

Jamur kuping sering digunakan dalam masakan Tiongkok dan masakan Asia lainnya. Mereka dapat dimasak dalam sup, tumisan, mie, atau hidangan sayuran. Karena teksturnya yang khas, jamur kuping juga sering digunakan dalam hidangan seperti salad atau mi dingin.

4. Jamur Kancing

Jamur kancing atau yang dikenal sebagai “Button Mushroom” dengan nama ilmiah Agaricus bisporus adalah salah satu jenis jamur yang paling umum dan dikenal luas di dunia.

Mereka memiliki bentuk yang bulat dan tutup yang datar, serta warna putih atau cokelat pucat. Jamur kancing cenderung memiliki rasa yang ringan dan fleksibel, sehingga mereka sering digunakan dalam berbagai hidangan.

Jamur kancing biasanya dijual dalam keadaan matang di pasar swalayan. Mereka dapat dimasak dengan berbagai cara, seperti digoreng, direbus, ditumis, atau dijadikan bahan dasar dalam saus dan hidangan lainnya. Karena rasa yang netral, jamur kancing dapat dengan mudah disesuaikan dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah sesuai selera.

5. Jamur Enoki

Jamur enoki (Flammulina Velutipes) adalah jenis jamur yang memiliki bentuk unik dengan tangkai panjang dan kepala kecil berwarna putih. Mereka juga dikenal dengan sebutan “Enokitake” dalam bahasa Jepang. Jamur enoki memiliki rasa yang lembut dan sedikit manis.

Jamur enoki sering digunakan dalam masakan Asia, terutama dalam masakan Jepang, Tiongkok, dan Korea. Mereka dapat dimasak dengan berbagai cara, seperti ditambahkan ke dalam sup, tumisan, nasi goreng, atau bahkan dimakan mentah dalam salad.

Salah satu keistimewaan jamur enoki adalah teksturnya yang renyah bahkan setelah dimasak, karena itulah mereka sering digunakan dalam berbagai hidangan untuk memberikan sentuhan renyah yang menarik. (RAF)

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Nikmati Promo All You Can Eat Dimsum Sunday Brunch Di Hotel...

0
tribundepok.com – Hotel Ciputra Jakarta menyediakan penawaran menarik bagi para pecinta dimsum dengan beragam pilihan hidangan lezat dan otentik. Dengan menghadirkan “All You Can Eat...

J&T Express Bersama IPEA Luncurkan Prangko Eksklusif Guna Dukung Inovasi Dan...

0
tribundepok.com, Jakarta -- Dalam rangka mendukung inovasi dan kemajuan industri pengiriman di Indonesia J&T Express bersama Indonesia Performance Excellence Award (IPEA) meluncurkan prangko eksklusif...

Kisruh di Inul Vista Karaoke: Kasus Penganiayaan Masih Menggantung, Rekaman CCTV...

0
tribundepok.com - Kasus keributan dan penganiayaan yang terjadi di outlet Inul Vista Karaoke DMall Margonda pada 8 Juni 2024 telah berlangsung lebih dari satu...