BerandaSeputar DepokBPN Kota Depok Beberkan Progres Pengadaan Tanah Jalan Tol...

BPN Kota Depok Beberkan Progres Pengadaan Tanah Jalan Tol Desari Per Agustus 2023

tribundepok.com – Progres pengadaan tanah Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) hingga Agustus 2023 berdasarkan jumlah bidang sudah menembus 71,67 persen, sementara sisanya 28,33 persen tengah dalam proses penyelesaian yang diharapkan segera tuntas.

Kepala BPN Kota Depok Indra Gunawan kepada wartawan menjelaskan untuk rencana penggunaan tanah Jalan Tol Desari ditargetkan 113,212 hektare (3.085 bidang).

“Alhamdulillah, hingga akhir Agustus 2023 BPN Kota Depok mencatat 107,224 hektare atau 2.211 bidang tanah yang telah terselesaikan (pembebasan lahan). Posisi saat ini berdasarkan jumlah bidang sudah 71,67 persen, kita terus bekerja untuk mendukung realisasi proyek strategis nasional,” papar Indra Gunawan, Selasa 29 Agustus 2023.

BPN Kota Depok Beberkan Progres Pengadaan Tanah Jalan Tol Desari Per Agustus 2023

BPN Kota Depok, sambung Indra, kini tengah menyelesaikan 28,33 persen sisa proyek strategis nasional khusus pembebasan tanah Jalan Tol Desari dengan luas 5,988 hektare atau 874 bidang.

Detail dari 5,988 hektare sisa lahan PSN Jalan Tol Desari tersebut berada di Kelurahan Cipayung, Cipayung Jaya, dan Rangkapan Jaya Baru.

Kebetulan hari ini, BPN Kota Depok bersama Pemkot Depok, unsur APH (Aparat Penegak Hukum), Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) dan pihak terkait telah melakukan rapat koordinasi kajian tanah sisa yang berada di Kelurahan Cipayung.

“Tadi, pembahasan berjalan dinamis, smart, teliti, dan komprehensif. Semua unsur terlibat dalam dan diskusi. Banyak masukan dan pandangan. Harapannya sederhana, kerja kita tak perlu menunggu sampai 2024, target PSN bisa selesai secepatnya,” ujar Indra Gunawan.

Terkait dengan sisa lahan Jalan Tol Desari, Indra menegaskan, sebagian sedang dalam proses pemberkasan, appraisal dari Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) dan validasi dari BPN Kota Depok dan perintah pembayaran dari Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

Sebagian pengadaan tanah sedang dalam proses penerbitan Peta Bidang Tanah (PBT) dan Danom (Daftar Nominatif) untuk Kelurahan Cipayung Jaya. Bahkan, saat ini BPN Kota Depok sedang melakukan pemberkasan dan validasi.

Untuk diketahui di akhir rapat kajian sisa jalan Tol Desari yang berlangsung di Aula BPN Kota Depok, Indra Gunawan berpesan kepada jajarannya termasuk unsur terkait, untuk tidak meninggalkan pekerjaan rumah baru dalam mendukung realisasi proyek strategis nasional.

“Progres Tol Desari hingga hari ini sudah baik. Jangan sampai meninggalkan pekerjaan rumah baru. Tetaplah cermat dalam bekerja, selalu kedepankan unsur kehati-hatian dan landasi semua dengan aturan berlaku,” pesannya.

“Buka pintu selebar-lebarnya untuk kritik dan masukan dari masyarakat. Maknai itu semua sebagai vitamin dan bekal berharga dalam menyelesaikan tugas kita,” pungkas Indra Gunawan.

Laporan Hasil Monitoring Pengadaan Tanah Jalan Tol Depok – Antasari:

1. Kecamatan Cinere:

– Kelurahan Pangkalanjati Baru: 455 bidang, 18,126 ha.
– Akses Jalan Ibnu Armah: 95 bidang, 0,6525 ha.
– Kelurahan Gandul: 110 bidang, 110 ha.
– Akses Jalan Erha: 105 bidang, 0,5489 ha.

2. Kecamatan Limo:*

– Kelurahan Krukut: 638 bidang, 28,0810 ha.
– Kelurahan Grogol: 315 bidang, 11,6575 ha.

3. Kecamatan Pancoranmas:

– Rangkapan Jaya: 338 bidang, 14,5258 ha.
– Rangkapan Jaya Baru: 421 bidang, 11,8516 ha.

4. Kecamatan Cipayung:

– Cipayung: 399 bidang, 11,7830 ha.
– Cipayung Jaya: 160 bidang, 5,7030 ha.

Sementara untuk total uang ganti kerugian yang tercatat di BPN Kota Depok menembus Rp 19.444.488.712.778. ( JK )

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

J&T Express Bersama IPEA Luncurkan Prangko Eksklusif Guna Dukung Inovasi Dan...

0
tribundepok.com, Jakarta -- Dalam rangka mendukung inovasi dan kemajuan industri pengiriman di Indonesia J&T Express bersama Indonesia Performance Excellence Award (IPEA) meluncurkan prangko eksklusif...

Nikmati Promo All You Can Eat Dimsum Sunday Brunch Di Hotel...

0
tribundepok.com – Hotel Ciputra Jakarta menyediakan penawaran menarik bagi para pecinta dimsum dengan beragam pilihan hidangan lezat dan otentik. Dengan menghadirkan “All You Can Eat...

Kisruh di Inul Vista Karaoke: Kasus Penganiayaan Masih Menggantung, Rekaman CCTV...

0
tribundepok.com - Kasus keributan dan penganiayaan yang terjadi di outlet Inul Vista Karaoke DMall Margonda pada 8 Juni 2024 telah berlangsung lebih dari satu...