BerandaSeputar DepokBadan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok Maksimalkan Program PTSL...

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok Maksimalkan Program PTSL 2024: Menyongsong Kepastian Hukum Bagi Warga

tribundepok.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok mengambil langkah strategis dengan membentuk dua tim khusus untuk mempercepat penerbitan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2024, sejalan dengan arahan dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN.

Indra Gunawan, Kepala BPN Kota Depok, menjelaskan bahwa pembentukan dua tim tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam memastikan efektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaan program PTSL.

“Kami berkomitmen untuk mengejar target penerbitan 5000 Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) di tahun ini. Oleh karena itu, kami meminta dukungan dari seluruh pihak agar ikhtiar ini dapat terwujud,” ujar Indra Gunawan dalam konferensi pers, Selasa (30/01/24).

Dalam rincian tim, Agus Trisna akan memimpin tim pertama yang fokus pada pengukuran dan pemetaan kadastral, sedangkan tim kedua akan dipimpin oleh Indrayanto yang bertanggung jawab untuk kelompok substansi umum dan kepegawaian.

Indra Gunawan menekankan bahwa PTSL bukan hanya tentang sertifikat tanah semata, melainkan juga tentang keadilan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

“Program ini memberikan kepastian hukum serta membuka peluang bagi masyarakat untuk mengembangkan potensi tanah sebagai modal usaha, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan,” paparnya.

Agus Trisna menambahkan bahwa program PTSL tahun 2024 akan mengutamakan wilayah yang belum terdaftar secara lengkap di BPN, dengan memperhatikan potensi sengketa atau konflik yang rendah serta tingkat kepentingan masyarakat yang tinggi.

“Bagi masyarakat yang ingin mengikuti program PTSL, kami akan memberikan pelayanan yang mudah dan transparan. Mereka dapat datang langsung ke kantor BPN Kota Depok untuk mendapatkan informasi dan bantuan yang dibutuhkan,” tambahnya.

Proses pendaftaran dan verifikasi data akan dilakukan oleh petugas lapangan, diikuti dengan pengukuran dan pemeriksaan batas tanah. Setelah itu, pemohon akan mengikuti penataan batas tanah dan penandatanganan berita acara kesepakatan batas tanah bersama tetangga dan saksi.

“Masyarakat diharapkan untuk tidak menggunakan perantara atau calo dalam proses ini. Kami siap memberikan bantuan dan pelayanan terbaik untuk memastikan keberhasilan program PTSL,” tegas Indrayanto.

Dalam mengakses informasi terkait program PTSL, masyarakat juga dapat memanfaatkan layanan digital yang disediakan oleh Kementerian ATR/BPN, seperti Sentuh Tanahku, Gistaru, Loketku, tanyaATRBPN, ppid.atrbpn.go.id, atau Sigtora Layanan.

Dengan semangat kolaborasi antara BPN Kota Depok, pemerintah daerah, dan masyarakat, diharapkan program PTSL tahun 2024 dapat menjadi tonggak penting dalam meningkatkan keadilan akses kepemilikan tanah serta mendorong kemajuan ekonomi di Kota Depok.( Joko Warihnyo )

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Keributan di Karaoke Inul Vista Berbuntut Panjang

0
tribundepok.com - Kasus keributan dan penganiayaan yang terjadi di outlet Inul Vista Karaoke DMall Margonda,Sabtu ( 8/6/2024) kini berbuntut panjang dan semakin rumit. Insiden...

Kepala BPN Kota Depok: Mutasi ASN Sebagai Upaya Pengembangan Karier dan...

0
tribundepok.com – Dalam rangka pengembangan karier dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok, Indra Gunawan, menyerahkan Surat...

Swiss-Bell Hotel Pondok Indah Gandeng Element Isi Liburan Sekolah

0
tribudepok.com, Jakarta - Dalam rangka meningkatkan awareness venue dan revenue Swiss-Café™ Restaurant, serta mempertahankan eksistensi hotel ditengah persaingan bisnis saat ini, Swiss-Bell Hotel Pondok...