BerandaKesehatanAwas! Bahaya Konsumsi Makanan Asin Berlebihan Berdampak Negatif Untuk...

Awas! Bahaya Konsumsi Makanan Asin Berlebihan Berdampak Negatif Untuk Kesehatan

tribundepok.com – Makanan asin itu jenis hidangan yang memiliki rasa gurih dan umumnya mengandung jumlah garam yang cukup tinggi.

Rasa gurih ini dihasilkan oleh natrium yang terkandung dalam garam dan berbagai bahan lain yang mengandung unsur tersebut.

Kemudian, makanan asin dapat berasal dari berbagai sumber, termasuk makanan olahan, camilan, dan hidangan utama.

Contoh dari makanan asin termasuk keripik kentang, kacang panggang, kerupuk, ragam camilan asin, kentang goreng asin serta hidangan seperti daging panggang dengan tambahan garam atau bumbu-bumbu asin lainnya.

Awas! Bahaya Konsumsi Makanan Asin Berlebihan Berdampak Negatif Untuk Kesehatan

Meskipun rasa asin bisa menambah cita rasa yang enak, penting untuk membatasi konsumsi makanan asin karena kelebihan garam dapat berdampak negatif pada kesehatan.

Maka dari itu, bijaksana lah dalam memilih makanan asin dan mengontrol asupan garam secara keseluruhan.

Memilih makanan yang lebih sehat dan menjaga jumlah garam dalam diet harian adalah langkah yang penting untuk menjaga keseimbangan nutrisi dan kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa risiko yang terkait dengan konsumsi garam berlebih:

1. Tekanan Darah Tinggi

Kandungan natrium dalam garam dapat menyebabkan penahanan air dalam tubuh, yang dapat meningkatkan tekanan darah. Peningkatan tekanan darah jangka panjang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan serius lainnya.

2. Masalah Jantung

Asupan garam yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kelebihan garam dapat menyebabkan akumulasi lemak di dalam pembuluh darah, menyebabkan penyempitan aliran darah dan menyebabkan masalah aterosklerosis.

3. Gangguan Ginjal

Ginjal bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, termasuk natrium. Konsumsi garam berlebihan bisa membebankan ginjal dan mengganggu kinerja normal mereka.

4. Dehidrasi

Konsumsi garam yang berlebihan juga bisa menyebabkan dehidrasi karena garam akan menarik cairan dari tubuh. Walaupun makanan asin cenderung terasa asin, lebih banyak garam sebenarnya bisa membuat tubuh kehilangan cairan.

5. Ketidakseimbangan Elektrolit

Kekurangan keseimbangan elektrolit akibat konsumsi garam berlebihan bisa memengaruhi fungsi otot, sistem saraf, dan keseimbangan cairan dalam tubuh.

6. Risiko Penyakit Kronis

Konsumsi garam yang berlebihan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, osteoporosis, dan masalah fungsi otak.

Oleh karena itu penting untuk membatasi asupan garam dan makanan asin dalam diet harian.

Mengadopsi pola makan sehat yang terdiri dari makanan segar, alami, dan rendah garam bisa membantu menjaga keseimbangan nutrisi dan mengurangi risiko dampak negatif yang terkait dengan asupan garam yang berlebihan. (RAF)

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Imam Budi Hartono Serap Aspirasi Pengemudi Ojek Online di Program ‘Nyentil...

0
tribundepok.com - Keluarga Besar Bang Imam (KBBI) mengadakan program Nyentil Imam edisi ojek online di wilayah Kecamatan Cipayung, Sabtu (14/7) malam. Nyentil Imam edisi kali...

SINERGISITAS DALAM TRANSFORMASI DIGITAL MELALUI SATU DATA INDONESIA

0
tribundepok.com – (Artikel – Selasa, 16/07/2024). Acara temu pelanggan khusus untuk segmen local government yang diadakan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Wilayah Telekomunikasi (Witel)...

TELKOM WITEL PURWOKERTO MENDUKUNG GOOD GOVERNANCE MELALUI IMPLEMENTASI SATU DATA INDONESIA

0
tribundepok.com - (Purwokerto - Senin, 15/07/2024). PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Wilayah Telekomunikasi (Witel) Purwokerto menggelar acara temu pelanggan segmen pemerintahan di area Banyumas...