BerandaPendidikanUniversitas Indonesia Sosialisasikan Jalur Masuk Penerimaan Mahasiswa Baru 2024

Universitas Indonesia Sosialisasikan Jalur Masuk Penerimaan Mahasiswa Baru 2024

tribundepok.com – Universitas Indonesia (UI) menggelar acara sosialisasi jalur penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 di Balai Purnomo Prawiro, Kampus UI Depok pada hari Rabu (7/2).

Acara ini dihadiri oleh sekitar 500 perwakilan pimpinan sekolah, Kepala Sekolah, dan Guru Bimbingan Konseling (BK) dari berbagai daerah, termasuk Semarang, Jawa Tengah.

Sekretaris Universitas UI, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D., menyampaikan, “Kami mengadakan sosialisasi ini untuk menginformasikan jalur masuk dan seleksi mahasiswa baru ke UI kepada masyarakat, terutama para siswa SMA dan orang tua.

Kami berkomitmen untuk memberikan akses yang ‘adil’ kepada calon mahasiswa dari seluruh wilayah di Indonesia dan berbagai latar belakang sosial ekonomi.”

Narasumber dalam acara tersebut antara lain Sekretaris Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Bekti Cahyo Hidayanto, S.Si., M.Kom., dan Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UI, Dr. Gunawan, ST., MT. Acara dipimpin oleh Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI, Dra. Amelita Lusia, M.Si.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 62 Tahun 2023, UI memiliki dua skema jalur penerimaan mahasiswa baru, yaitu jalur nasional dan jalur mandiri. Jalur nasional menyediakan 50 persen dari total daya tampung, dengan rincian 20 persen melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan 30 persen melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Sementara itu, 50 persen sisanya diperebutkan melalui jalur mandiri.

Daya tampung UI untuk program Sarjana dan Vokasi tahun 2024 meningkat menjadi 10.473 calon mahasiswa, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 10.159. Dari total daya tampung tersebut, terdiri atas Sarjana 8.823 dan Vokasi 1.650. Ada juga 64 program studi Sarjana dan 15 program studi Vokasi (9 Diploma III dan 6 Diploma IV).

Masa Pengisian Pangkalan Data Sekolah Dan Siswa (PDSS) untuk Seleksi SNBP 2024 sedang berlangsung dan akan berakhir pada 9 Februari 2024. Selanjutnya, Pendaftaran SNBP oleh siswa akan dilaksanakan mulai 14 Februari hingga 28 Februari 2024. UI juga akan membuka jalur Talent Scouting pada 28 Februari hingga 22 Maret 2024 untuk Sarjana Kelas Internasional.

Sekretaris SNPMB Bekti menegaskan, “Siswa yang dinyatakan lulus seleksi SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi jalur mandiri di PTN manapun. Peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur SNBT 2024 dan telah mendaftar ulang atau registrasi di PTN yang dituju juga tidak dapat diterima pada seleksi Jalur Mandiri 2024.” Oleh karena itu, calon mahasiswa baru diharapkan untuk menunggu pengumuman hasil SNBT sebelum mendaftar jalur mandiri di PTN tujuan.

Dengan peningkatan daya tampung dan berbagai jalur masuk yang disediakan, UI berharap dapat memberikan akses yang lebih luas dan adil bagi calon mahasiswa dari berbagai latar belakang untuk bergabung dan berkontribusi dalam lingkungan akademik yang berkualitas.( Joko Warihnyo )

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Kode Keras PSI Dukung dr Ririn untuk Pilkada Depok 2024

0
tribundepok.com – Dalam rangka menyongsong pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024, dinamika politik di Kota Depok mulai memanas dengan berbagai manuver strategis partai-partai politik....

Pertunjukan Drama Musikal Keluarga Cemara Bisa Menjadi Destinasi Baru Liburan Keluarga

0
tribundepok.com, Jakarta -- Dalam rangka mengisi liburan sekolah Visinema Studios bersama www.Indonesiakaya.com dan Teter Musical Nusantara (Teman) mengadakan pertunjukan panggung musikal yang berjudul Keluarga...

Calon Walikota Depok Bang SS Akan Bacakan Puisi di Hari Krida...

0
tribundepok.com – Dalam rangka memperingati Hari Krida Pertanian yang jatuh setiap tanggal 21 Juni, masyarakat Kota Depok akan mengadakan sebuah acara yang penuh dengan...