BerandaPendidikanTalentscouting UI: 625 Calon Mahasiswa Baru Muncul dari 15...

Talentscouting UI: 625 Calon Mahasiswa Baru Muncul dari 15 Provinsi di Indonesia dan Dua Sekolah Luar Negeri

tribundepok com – Universitas Indonesia (UI) telah mengumumkan hasil seleksi Talentscouting (TS) yang memilih 625 calon mahasiswa baru pada hari Rabu lalu (17/4).

Menurut Amelita Lusia M.Si., Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik Universitas Indonesia (UI), tahun ini jumlah pendaftar mencapai 1.577 peserta dari 354 sekolah yang diundang.

Angka ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang mencatat 1.437 peserta dari 353 sekolah. Dari keseluruhan peserta, calon mahasiswa baru berasal dari 15 provinsi di Indonesia dan dua sekolah dari luar negeri, yaitu Al Zhuhour School Sharjah, Uni Emirat Arab dan American School Dhahran, Arab Saudi.

Dikatakan Amelita Lusia talentscouting adalah program penerimaan mahasiswa baru berbasis prestasi akademik untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang bercita-cita menempuh pendidikan global dengan lingkungan berbahasa Inggris di Sarjana Kelas Internasional UI. Program ini didukung oleh kerja sama dengan berbagai universitas mitra bertaraf internasional dan terakreditasi.

Seleksi pada jalur Talentscouting kata Amelita Lusia dilakukan berdasarkan prestasi akademik (nilai rapor dan prestasi saat sekolah menengah atas) dan motivation letter. Pada Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Gigi, terdapat seleksi lanjutan berupa tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) dan Multiple Mini Interview (MMI).

” Tahun ini, daya tampung seleksi jalur Talentscouting meningkat menjadi 422 dari tahun sebelumnya. Penambahan ini bertujuan untuk memberikan peluang lebih luas bagi calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, terutama mereka yang ingin belajar dengan sistem kelas internasional. Pendidikan Dokter Kelas Internasional menjadi program studi yang paling diminati dengan jumlah 324 pendaftar,” ujar Amelita Lusia

Ia Menambahkan Bagi calon mahasiswa yang diterima melalui jalur Talentscouting 2024, mereka dapat melakukan daftar ulang melalui Verifikasi Rapor, Pra-Registrasi, dan Pembayaran Biaya Pendidikan. Periode verifikasi rapor berlangsung dari 18 April hingga 22 April 2024, dengan pengumuman hasil pada 23 April 2024 pukul 16.00 WIB. Setelah itu, calon mahasiswa akan memperoleh Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) untuk melakukan Pra-Registrasi, yang dapat dilakukan dari 23 April hingga 1 Mei 2024. Pembayaran biaya pendidikan dapat dilakukan mulai 1 Mei hingga 10 Mei 2024.( Joko Warihnyo )

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

SS Tak Gentar: Relawan SSS Yakin Maju Terus di Pilkada Depok...

0
tribundepok.com – Munculnya rumor yang mengabarkan bahwa Bakal Calon Walikota Depok Koalisi "Sama-Sama " Supian Suri,oakan mundur dari pencalonan Pilkada Depok sempat menghebohkan publik...

Akademisi Unsoed Desak DPR: Tolak RUU Penyiaran yang Dinilai Ancam Kebebasan...

0
tribundepok.com--Dr. Edi Santoso, seorang akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), menegaskan pentingnya bagi DPR RI untuk mendengarkan suara insan pers dan masyarakat terkait Rancangan...

Desakan Massa: POLRI Harus Tuntaskan Dugaan Mark Up Proyek Kolam Retensi...

0
tribundepok.com - Massa dari Komite Anti Korupsi Indonesia (KAKI) menggelar aksi unjuk rasa di depan Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, untuk mendesak penyelesaian...