BerandaKesehatanSering Membuat Dehidrasi, Ini Minuman Yang Cocok Saat Cuaca...

Sering Membuat Dehidrasi, Ini Minuman Yang Cocok Saat Cuaca Panas

tribundepok.com – Cuaca panas yaitu kondisi cuaca di mana suhu udara meningkat secara signifikan di atas rata-rata harian yang biasa.

Hal ini dapat terjadi karena berbagai faktor, termasuk intensitas sinar matahari, tekanan atmosfer, dan perubahan pola angin.

Cuaca panas juga sering kali membuat suhu udara naik di siang hari dan dapat berdampak pada lingkungan dan manusia.

Ketika cuaca panas, beberapa hal yang mungkin terjadi seperti kenaikan suhu dimana suhu udara meningkat melebihi suhu normal, yang dapat membuat udara terasa sangat panas dan tidak nyaman bagi manusia.

Sering Membuat Dehidrasi, Ini Minuman Yang Cocok Saat Cuaca Panas

Kemudian juga bisa menyebabkan dehidrasi karena saat cuaca panas itu bisa menyebabkan tubuh lebih banyak berkeringat, sehingga berisiko mengalami dehidrasi. Penting untuk minum banyak air agar tubuh tetap terhidrasi.

Untuk dampak kesehatan, cuaca panas bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti kelelahan panas, pusing, mual, dan dalam kasus yang lebih ekstrem, terkena heatstroke (kepungan panas) yang bisa mengancam nyawa.

Lalu perubahan lingkungan dengan panas yang berlebihan itu bisa mempengaruhi ekosistem, seperti mengeringkan tanah, menyebabkan kekeringan, dan memicu kebakaran hutan.

Kualitas udara pun bisa buruk akibat cuaca panas karena menyebabkan peningkatan polusi udara karena proses kimia yang terjadi pada tingkat ozon dan partikel polutan di atmosfer.

Penting memang untuk mengambil langkah-langkah pencegahan saat cuaca panas, seperti mengenakan pakaian yang sesuai, meminum banyak air, menghindari aktivitas fisik berlebihan di luar ruangan, dan menjaga kesehatan tubuh.

Saat cuaca panas, penting juga untuk tetap terhidrasi dengan memilih minuman yang dapat membantu menjaga suhu tubuh dan menggantikan cairan yang hilang akibat berkeringat.

Berikut minuman menyegarkan agar terhindar dehidrasi ketika cuaca panas:

1. Air Putih

Air adalah pilihan terbaik untuk tetap terhidrasi. Minumlah air secara teratur untuk menggantikan cairan yang hilang dalam tubuh.

2. Minuman Elektrolit

Minuman elektrolit seperti minuman olahraga dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang akibat berkeringat. Ini sangat berguna jika Anda beraktivitas fisik intens di bawah cuaca panas.

3. Minuman Air Kelapa

Air kelapa segar mengandung elektrolit alami dan nutrisi penting yang dapat membantu mengembalikan keseimbangan tubuh.

4. Jus Buah Segar

Jus buah segar seperti jus jeruk, semangka, atau melon dapat memberikan cairan tambahan dan nutrisi penting. Namun, perhatikan kandungan gula dalam jus.

5. Teh Dingin

Teh dingin, terutama teh herbal tanpa kafein, dapat memberikan sensasi segar. Hindari teh yang terlalu manis atau berkafein karena dapat mengganggu hidrasi.

6. Air Infused Dengan Buah dan Herbal

Menginfuskan air dengan potongan buah segar atau herbal seperti mint atau lemon dapat memberikan rasa segar tanpa tambahan gula atau kalori berlebih.

7. Sup Buah Segar

Sup buah yang dingin dan segar bisa menjadi pilihan yang baik untuk mendapatkan cairan dan vitamin tambahan.

8. Air Jeruk Lemon

Campurkan air dingin dengan perasan jeruk lemon segar dan beberapa es batu untuk minuman yang menyegarkan.

9. Minuman Susu Almond atau Susu Kelapa

Jika Anda mencari variasi dari minuman tradisional, minuman susu nabati seperti susu almond atau susu kelapa juga bisa menjadi pilihan yang ringan dan menyegarkan.

Hindari untuk meminum minuman beralkohol dan minuman berkafein seperti kopi dan minuman energi, karena bisa meningkatkan risiko dehidrasi.

Selalu perhatikan jumlah gula dalam minuman yang Anda pilih, dan pilihlah opsi yang lebih alami dan rendah gula jika memungkinkan. (RAF)

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Ibu Negara Iriana Jokowi Pimpin Rombongan , Ibu-ibu OASE ( Istri...

0
tribundepok.com - SOLO - Menyaksikan parade mobil hias dari panggung Utama di Ngarsopuro , Ibu Negara Iriana Jokowi bersama menantunya Selvi Ananda dan anggota...

Desakan Massa: POLRI Harus Tuntaskan Dugaan Mark Up Proyek Kolam Retensi...

0
tribundepok.com - Massa dari Komite Anti Korupsi Indonesia (KAKI) menggelar aksi unjuk rasa di depan Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, untuk mendesak penyelesaian...

Dompet Dhuafa Tebar Hewan Kurban: Mengangkat Ekonomi dan Memberdayakan Masyarakat Indonesia

0
tribundepok.com - Kurban menjadi fondasi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia. Melalui berbagai program dalam Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa, manfaat dapat...