HomeNasionalRaja Juli Antoni Dikatakan Berpeluang Besar Menggantikan Hadi Tjahjanto...

Raja Juli Antoni Dikatakan Berpeluang Besar Menggantikan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN

tribundepok.com – Menurut Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie, Raja Juli Antoni memiliki potensi besar untuk mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Menurut Jerry, Presiden Joko Widodo melihat Raja Juli Antoni sebagai sosok yang memiliki pengalaman yang cukup dalam menangani masalah-masalah kompleks terkait pertanahan saat ini.

“Raja Juli Antoni adalah orang yang paling tepat untuk menjadi Menteri ATR/BPN. Sebagai Wakil Menteri saat ini, dia memiliki pemahaman yang sangat baik tentang masalah redistribusi tanah dan program PTSL,” ujar Jerry kepada wartawan pada Selasa, 20 Februari 2024.

Selain itu, dari segi kemampuan dan hubungan politik, Raja Juli Antoni memiliki kedekatan emosional dengan Presiden Jokowi, terutama karena posisinya sebagai Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

“Komunikasi beliau dengan Presiden sangat baik, partainya mendukung program presiden, dan beliau juga dekat dengan Kaesang Pangarep, putra presiden,” tambahnya.

Raja Juli Antoni, yang telah menjabat sebagai Wakil Menteri ATR/BPN sejak 15 Juni 2022, dikenal sebagai sosok yang agresif dan produktif dalam bekerja.

“Raja adalah seorang milenial yang gesit dan berpengalaman. Rekam jejaknya menunjukkan hasil kerja yang baik. Jadi tidak mengherankan jika beliau dipertimbangkan untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi. Saya yakin dengan pengalamannya, Kementerian ATR/BPN akan menjadi lebih baik di bawah kepemimpinannya,” ungkap Jerry.

Menanggapi kemungkinan nama Agus Harimurti Yudhyono (AHY) sebagai pengganti Hadi Tjahjanto, Jerry menyatakan ada kesan bahwa penempatan AHY mungkin terlalu dipaksakan.

“Mungkin lebih baik jika AHY ditempatkan di bidang lain, seperti Kementerian Sosial atau menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga. Ini lebih sesuai dengan karakteristiknya,” katanya.

Meskipun demikian, Jerry menyerahkan keputusan akhir kepada Presiden Jokowi, namun ia meminta agar dipertimbangkan secara mendalam terkait posisi Menteri ATR/BPN.

“Ini adalah hak prerogatif Presiden, tapi saya berharap keputusannya dipertimbangkan dengan baik. AHY bisa dimasukkan ke dalam kabinet dengan peran yang lebih sesuai, tapi untuk Menteri ATR/BPN, Raja Juli Antoni adalah pilihan yang lebih tepat,” pungkasnya.( Joko Warihnyo )

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Talentscouting UI: 625 Calon Mahasiswa Baru Muncul dari 15 Provinsi di...

0
tribundepok com - Universitas Indonesia (UI) telah mengumumkan hasil seleksi Talentscouting (TS) yang memilih 625 calon mahasiswa baru pada hari Rabu lalu (17/4). Menurut Amelita...

Keputusan SK DPP PKS Membuat Penasaran : Drama Kontroversi Jelang Pilkada...

0
tribundepok.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat (Jabar) membuat keputusan dengan menurunkan Imam Budi Hartono ( IBH ) sebagai calon wali kota dalam...

Musrenbang RKPD Kota Depok 2025: Menuju Masa Depan yang Lebih Baik

0
tribundepok.com - Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Depok Tahun 2025 menjadi sorotan pada Kamis (18/4/24), saat acara berlangsung...