BerandaNasionalPilpres Diprediksi Dua Putaran : Pasangan Prabowo-Gibran versus Anies-Muhaimin

Pilpres Diprediksi Dua Putaran : Pasangan Prabowo-Gibran versus Anies-Muhaimin

tribundepok.com- Pengamat politik dari Universitas Nasional (UNAS), Selamat Ginting, telah memprediksi bahwa pemilihan presiden pada pemilu 2024 kemungkinan akan berlangsung dalam dua putaran.

Menurut Ginting, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka diperkirakan akan mendapatkan dukungan suara sekitar 41-42 persen, sementara pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar diprediksi akan meraih suara sekitar 30-31 persen. Sedangkan pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD diperkirakan akan memperoleh suara sekitar 24-25 persen.

Prediksi ini didasarkan pada perolehan suara partai politik pendukung ketiga pasangan calon tersebut pada pemilu 2019 lalu.

“Jadi yang akan maju dalam putaran kedua adalah pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berhadapan dengan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar,” kata Selamat Ginting di Jakarta.Selasa 6 Februari 2024

Selamat Ginting juga menambahkan bahwa hasil survei dari berbagai lembaga, dengan margin error sekitar 3-5 persen, umumnya menempatkan perolehan suara dalam pola yang sama.

Namun, dia mencatat bahwa hasil akhir tetap bergantung pada hasil kampanye akbar yang akan dilaksanakan pada Minggu, 10 Februari 2024 mendatang.

Dia menyoroti pertarungan antara kubu 02 (Prabowo-Gibran) dengan 03 (Ganjar-Mahfud), yang awalnya berada dalam satu kongsi dan kini pecah kongsi, terutama di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

“Suara konstituennya hampir sama. Jadi seperti bejana berhubungan. Jika suara salah satu pihak tinggi, maka suara pihak lawan akan rendah,” ujarnya.

Selamat Ginting menambahkan bahwa sekitar 70 persen suara dari ceruk yang sama akan diperebutkan oleh pasangan 02 dan 03. Pasangan 02 diuntungkan dengan keberadaan Presiden Jokowi yang berpihak kepada pasangan tersebut, karena adanya putra sulungnya, Gibran bin Jokowi.

Namun, dia juga mengatakan bahwa pasangan 03 memiliki peluang untuk berada di urutan kedua, terutama jika dapat memanfaatkan kesalahan perilaku Presiden Jokowi dan keluarganya yang dianggap melanggar aturan pemilu dalam koridor JURDIL (jujur dan adil) serta LUBER (langsung, umum, bebas, rahasia).

“Politik sangat dinamis.. Segala kemungkinan bisa terjadi,” pungkasnya (Red )

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Tiga Mahasiswa UI Raih Juara di International Youthpreneur Competition Berkat Inovasi...

0
tribundepok.com — Tiga mahasiswa dari Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) berhasil menorehkan prestasi gemilang di kancah internasional. Amar Falah Riyanto, Farras...

Swiss-Bell Hotel Pondok Indah Gandeng Element Isi Liburan Sekolah

0
tribudepok.com, Jakarta - Dalam rangka meningkatkan awareness venue dan revenue Swiss-Café™ Restaurant, serta mempertahankan eksistensi hotel ditengah persaingan bisnis saat ini, Swiss-Bell Hotel Pondok...

Hotel Ciputra Jakarta Tawarkan Paket” Goal-Getter Euro” 2024 Untuk Penggila Bola...

0
tribundepok.com, Jakarta -- Hotel Ciputra Jakarta menawarkan paket menginap untuk pencinta sepak bola yang di beri nama "Goal-Getter Euro". Paket yang di luncurkan saat momen...