BerandaEkbisPameran Energy Dan Engineering Akan Kembali Di Gelar Dengan...

Pameran Energy Dan Engineering Akan Kembali Di Gelar Dengan Tema Menuju Industri Keberlanjutan

tribundepok.com, Jakarta — Dengan mengusung tema “Towards Industrial Sustainability” pameran Indonesia Energy & Engineering Series (IEE) akan kembali dilaksanakan pada tanggal 13 – 16 September 2023 di Jakarta International Expo (JIEXpo) Kemayoran, Jakarta.

Pameran yang mempertemukan industri terbesar se Asia Tenggara yang mencakup 8 sektor utama, yaitu listrik & ketenagalistrikan (Electric & Power Indonesia), minyak & gas bumi (Oil & Gas Indonesia), pertambangan (Mining Indonesia), konstruksi (Construction Indonesia), teknologi beton dan bangunan (Concrete Show Indonesia), manajemen pengairan (Water Indonesia), serta teknologi pengecoran dan metalurgi (GIFA Indonesia, dan METEC Indonesia).

Semuanya di titikberatkan kepada implementasi nilai-nilai keberlanjutan di Indonesia yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya pada keragaman sektor industri nasional.

Pameran Energy Dan Engineering Akan Kembali Di Gelar Dengan Tema Menuju Industri Keberlanjutan

Dimana isu keberlanjutan merupakan persoalan yang semakin penting dalam beberapa tahun terakhir, dan sektor industri memiliki peran penting dalam mencapai tujuan yang lebih keberlanjutan.

Keberlanjutan disini tidak hanya melihat satu sisi yaitu dampak terhadap lingkungan, namun juga melihat bagaimana sektor tersebut dapat menyelaraskan sumbangsih nya terhadap perekonomian nasional dan juga menciptakan iklim usaha yang sejalan konsep berkelanjutan.

Dengan menyoroti dan mempromosikan nilai-nilai keberlanjutan pada sektor industri, kita dapat bahu-membahu untuk menciptakan masa depan yang lebih baik, di mana bisnis dapat berkembang sambil meminimalkan dampaknya terhadap lingkungan dan memberdayakan masyarakat.

“Kami percaya dengan mengambil tindakan ini, sektor industri dapat membuat perbedaan positif bagi lingkungan, masyarakat, dan masa depan kita semua.” ungkap Lia Indriasari Event Director Indonesia Energy & Engineering Series 2023 dalam acara Media Brifing pada Rabu (23/8)
IEE Series 2023 tahun ini juga mencakup co-located events, yaitu GIFA Indonesia & METEC Indonesia yang diselenggarakan dengan kolaborasi Messe Düsseldorf Asia, yang berfokus pada sector pengecoran, pemrosesan logam, dan metalurgi di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama Gernot Ringling, Managing Director Messe Düsseldorf Asia mengatakan, “Indonesia memainkan peran penting di pasar Asia Tenggara dan diproyeksikan menjadi salah satu dari tujuh negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada tahun 2030 dan akan masuk ke dalam jajaran lima besar pada tahun 2050.”

“Mengingat bahwa Indonesia adalah salah satu penghasil komoditas terbesar di dunia seperti nikel, timah, batu bara dan bauksit, sektor pengecoran, pemrosesan logam, dan metalurgi memainkan peran yang sangat penting.“ tambahnya.

Meningkatnya permintaan akan infrastruktur, komponen otomotif, produk-produk elektronik, dan sektor manufaktur, akan mempengaruhi pertumbuhan secara substansial. Lonjakan ini diharapkan dapat mendorong permintaan pasar yang kuat untuk komponen logam, pemrosesan logam, pengecoran, dan teknologi pengecoran.

Dengan semangat kolaborasi, sebagai penyelenggara pameran perdagangan internasional, Messe Düsseldorf Asia dan Informa Markets terus mengedepankan inovasi, pertumbuhan, dan kerja sama.

“Kami tetap memegang teguh komitmen kami terhadap kawasan ini dalam mengembangkan platform perdagangan dan jaringan profesional yang menciptakan manfaat bersama, yaitu dengan mengadakan acara yang mendorong pertumbuhan industri nasional, mendorong pertumbuhan pada target pasar kami, dan menghadirkan prospek bisnis baru bagi para pelanggan kami. Kami menantikan kemitraan yang sukses dan sinergi yang berkelanjutan.“ tambah Ringling.

IEE Series 2023 akan menjadi wadah terciptanya koneksi, kolaborasi, dan inovasi yang akan berdampak positif baik bagi keberlangsungan sektor industri, serta nilai-nilai keberlanjutannya.

PT. Sany Heavy Industry Indonesia sebagai platinum sponsor dari pameran Mining Indonesia dan Construction Indonesia juga menegaskan industri alat berat dan konstruksi tidak bisa berkembang sendirian, namun harus bekerjasama dengan sektor-sektor lain untuk bisa mewujudkan dunia yang lebih baik di masa depan.

“Kita tahu bahwa pemerintah Indonesia sedang memfokuskan APBN tahun 2023 untuk mempercepat penyelesaian pembangunan infrastruktur prioritas nasional serta mendorong pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru, termasuk IKN. Sebagai sektor yang berkaitan paling erat dengan pembangunan infrastruktur dan menjadi sumber ekonomi ketiga terbesar di Indonesia, kehadiran kami di IEE Series 2023 bersama dengan sektor-sektor yang lain dapat memicu para pemain industri baik lokal maupun internasional untuk mewujudkan perdagangan atau kerjasama bagi para stakeholders, importers, distributors, dan terutama para pengambil keputusan di industri ini.”

Andi Rukman Nurdin Karumpa selaku Sekretaris Jenderal Badan Pimpinan Pusat dari GAPENSI (Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia).

Bersama dalam Semangat Memajukan Perekonomian Nasional dan Menuju Industri yang Berkelanjutan Development’, diperkenalkan pada konferensi pertama PBB dalam bidang Lingkungan Hidup di Stockholm pada tahun 1972 karena adanya kekhawatiran akan meningkatkan permasalahan sosial dan lingkungan secara global.
Ini, konsep keberlanjutan dituangkan dalam 17 butir Target Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) yang didukung secara global.

IEE Series 2023 melalui komitmennya untuk mendukung program carbon off setting, mendorong penggunaan bahan-bahan reusable untuk pembangunan stand pameran, serta inisiatif pengolahan sampah pameran yang bekerja sama dengan Ecoloop sebagai pihak penyedia layanan.

Pada IEE Series 2023, peserta pameran juga diberikan kesempatan untuk ikut serta memantapkan komitmennya pada keberlanjutan melalui program kampanye “Share Your Sustainability Stories” yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan pengunjung tentang program keberlanjutan dan beragam dampak positifnya.

Pameran Water Indonesia juga mengusung industri keberlanjutan dengan “Towards A Sustainable Water Future In South East Asia”.

Dengan pertumbuhan penduduk dan industri Indonesia yang masif di tahun-tahun terakhir ini, kebutuhan untuk konsep keberlanjutan dalam penanganan masalah air dan limbah tentu saja perlu disikapi dengan lebih serius.

“Dengan berkumpulnya semua pemangku kepentingan pada masing-masing asosiasi dalam IEE 2023, kami dapat mendiskusikan kebijakan-kebijakan baru yang kedepannya dapat diimplementasikan dalam berbagai industri di Indonesia, terutama untuk mewujudkan sektor electric & power yang lebih mengedepankan sustainability.” jelas Eddie Widiono Founder PJCI (Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia – Smart Grid Indonesia Initiatives),
“Misi industri yang berkelanjutan demi mewujudkan target SDGs di Indonesia tentu saja penting untuk segera direalisasikan, oleh karena itu pembelajaran dari masing-masing lini bisnis dan industri yang turun di IEE Series 2023 ini menjadi hal yang krusial.” ujar Sri Heny Purwanti, Sekretaris Perusahaan PLN Nusantara Power. (koes)

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

PKB Kota Depok Bersiap Berkolaborasi: Konsolidasi Menuju Pilkada 2024

0
tribundepok.com - Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kota Depok menggelar acara Halal Bihalal yang meriah bersama fungsionaris partai, kader, simpatisan, ulama,...

FORWARD Gelar Diskusi Lintas Organisasi dan Komunitas Wartawan Depok

0
tribundepok.com – Forum Wartawan Depok (FORWARD) menggelar acara Diskusi Lintas Organisasi dan Komunitas Wartawan Kota Depok sekaligus Halal Bihalal di Sekretariat FORWARD Jl. STM Mandiri...

UMK Kabupaten dan Kota Jawa Barat 2024 Ditetapkan : Kota Depok...

0
tribundepok.com – Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, akhirnya menetapkan Upah Minimum Kabupaten dan Kota (UMK) untuk tahun 2024 setelah melalui proses panjang dan...