BerandaOpiniMenumbuhkan Growth Mindset pada Masyarakat Pondok Jaya: Psikologi untuk...

Menumbuhkan Growth Mindset pada Masyarakat Pondok Jaya: Psikologi untuk Negeri Universitas Indonesia

tribundepok.com – Psikologi untuk Negeri (PuN) merupakan kegiatan pengabdian masyarakat di bawah Departemen Pengabdian Masyarakat BEM Psikologi UI. Kegiatan PuN menyasar masyarakat di RT.001 dan RT.007, RW.013, Kel. Pondok Jaya, Kec. Cipayung, Depok, Jawa Barat.

Pemilihan target masyarakat ini didasarkan pada asesmen yang dilakukan pada 2016. Dari hasil asesmen tersebut, salah satu masalah terjadi karena alasan ekonomi dan kurangnya pendidikan orang tua, banyak orangtua yang menyuruh anak-anaknya untuk putus sekolah dan mencari kerja, misalnya dengan menjadi pramuniaga toko atau menjadi supir ojek. Oleh karena itu, kami mencoba untuk membuat kegiatan-kegiatan dengan harapan dapat membantu mengatasi hal tersebut.

Dalam bidang pendidikan untuk anak, PuN melakukan kegiatan belajar-mengajar di setiap minggu untuk anak di usia TK-SD. Kegiatan belajar-mengajar meliputi pemberian materi, pengerjaan soal, penanaman nilai seperti nilai-nilai pancasila, serta mengajarkan anak untuk lebih peduli pada lingkungannya.

Banyaknya masalah orang dewasa yang menyangkut anak seperti kurang kesadaran akan pentingnya pendidikan pada anak, kurangnya kemampuan mengasuh anak serta kurang memberikan perhatian pada anak menjadi pertimbangan kami untuk mengadakan tema kuliah parenting setiap tahunnya, salah satunya dengan judul “Jurus Jitu Melalui New Normal Bersama Anak” yang dihadiri oleh warga terutama Ibu-ibu.

Tujuan utama dilakukannya seminar serupa adalah karena kami memahami bahwa orang tua merupakan kunci utama dari kesuksesan dan motivasi anak di bidang akademik (Haimovitz & Dweck, 2016). Kami ingin menumbuhkan growth mindset pada anak-anak, yaitu pola pikir yang dimiliki individu tentang belajar dan kecerdasan dimana ketika individu percaya bahwa mereka bisa menjadi lebih pintar, sikap dan motivasi mereka tentang belajar berubah yaitu memiliki kepercayaan bahwa jumlah usaha yang mereka terapkan dapat menumbuhkan kecerdasan mereka (Shope, 2022).

Anak-anak akan menumbuhkan pola pikir yang dicontohkan oleh orang tuanya, ini berarti growth mindset itu dapat ditanamkan pada anak jika para orang tua dapat mencontohkan perilaku yang mencerminkan growth mindset (Shope, 2022). Maka dari itu, dengan seminar kami memberikan sudut pandang baru bagi para orang tua di pondok jaya terkait pentingnya pendidikan bagi anak-anak dan bagaimana cara untuk mendukung aktivitas akademik anak di sekolah. Ini dilakukan dengan harapan agar para orang tua dapat mengubah pola pikir nya dan membangun growth mindset pada anak-anak.

Setelah 5 tahun program serupa dijalani, kami melihat terdapat perubahan pada pola pikir para orang tua yang terlihat dari bagaimana mereka bereaksi terhadap program yang ditujukan pada anak-anak. Sebelum pandemi, kami melihat semakin meningkatnya orang tua yang hadir dan berpartisipasi aktif dalam mengikuti seminar, mengantarkan anak-anaknya ketika ada program, bertanya aktif terkait apa yang bisa dilakukan dirumah untuk meningkatkan motivasi anaknya dan menanyakan perkembangan anak-anaknya pada kakak-kakak pengajar. Saat pandemi, partisipasi ini kami rasakan dari bagaimana para orang tua menanyakan program pengajaran melalui grup WA dan mendorong anak-anaknya untuk
mengikuti pengajaran online dengan segala keterbatasan yang ada.

Kalimat dari para orang tua seperti “Terlebih untuk pembelajaran parenting juga sangat membantu untuk saya sebagai mamak yang kadang belum bisa mengendalikan emosinya” dan “Kegiatan belajar anak-anak itu membantu banget, Untuk anak lebih kreatif dan bisa berkomunikasi dengan baik Juga memahami pelajaran lebih mudah Saya sebagai ortu sangat terbantu banget dalam memahami pelajaran seperti rumus2.” membuat kami yakin bahwa program ini berjalan membuahkan hasil yang kami harapkan.

Dengan tagline Mari Peduli, Mulai Berbagi, Psikologi untuk Negeri bersama dengan
masyarakat siap untuk terus berkembang dan memberikan usaha untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. (Cahsya Ariefa – mahasiswa jurusan Psikologi)

Referensi
Haimovitz, K., & Dweck, C. S. (2016). Parents’ Views of Failure Predict Children’s Fixed
and Growth Intelligence Mind-Sets. Psychological Science, 27(6), 859–869.
https://doi.org/10.1177/0956797616639727
Shope, F. J. (2022). Low SES parental perceptions of growth mindset: An exploratory case
study (Order No. 28966977). Available from ProQuest Dissertations & Theses
Global.(2638085669).https://www.proquest.com/dissertations-theses/low-ses-parental
-perceptions-growth-mindset/docview/2638085669/se-2?accountid=17242

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Pertunjukan Drama Musikal Keluarga Cemara Bisa Menjadi Destinasi Baru Liburan Keluarga

0
tribundepok.com, Jakarta -- Dalam rangka mengisi liburan sekolah Visinema Studios bersama www.Indonesiakaya.com dan Teter Musical Nusantara (Teman) mengadakan pertunjukan panggung musikal yang berjudul Keluarga...

Transformasi Lahan Tidur di Depok: Tasyakuran Sukses Urban Farming Menuju Cipayung...

0
tribundepok.com – Dalam upaya mendukung ketahanan pangan dan ekonomi lokal, Kodim 0508/Depok bersama Pemerintah Kota Depok dan komunitas petani yang tergabung dalam K3D berhasil...

Kepala BPN Kota Depok: Mutasi ASN Sebagai Upaya Pengembangan Karier dan...

0
tribundepok.com – Dalam rangka pengembangan karier dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok, Indra Gunawan, menyerahkan Surat...