BerandaKesehatanMelibatkan Berbagai Gerakan, Ini Yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin...

Melibatkan Berbagai Gerakan, Ini Yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Menekuni Olahraga Renang

tribundepok.com – Renang adalah olahraga yang melibatkan pergerakan di dalam air menggunakan gerakan tangan, kaki, dan tubuh untuk menggerakkan diri maju.

Ini merupakan olahraga yang populer dan serbaguna, memiliki manfaat kesehatan yang luas.

Olahraga ini juga sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental. Aktivitas ini membantu meningkatkan kekuatan otot, daya tahan kardiovaskular, fleksibilitas, dan koordinasi. Renang juga membantu dalam meningkatkan kapasitas paru-paru dan sirkulasi darah.

Melibatkan Berbagai Gerakan, Ini Yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Menekuni Olahraga Renang

Kemudian, renang memiliki dampak rendah terhadap sendi karena dilakukan di dalam air, sehingga mengurangi risiko cedera dibandingkan dengan olahraga beban seperti jogging atau angkat beban.

Ketika berenang, hampir semua otot tubuh terlibat dalam gerakan. Mulai dari otot tangan dan kaki hingga otot inti yang membantu menjaga keseimbangan dan postur tubuh.

Olahraga renang juga melibatkan berbagai gerakan dan gaya renang seperti gaya bebas, gaya punggung, gaya dada, dan gaya kupu-kupu. Ini memberikan variasi dan tantangan yang berbeda bagi otot-otot yang terlibat.

Selain itu, berenang dapat membantu memperbaiki postur tubuh karena memerlukan peregangan otot dan menjaga keseimbangan saat bergerak di dalam air.

Dalam melakukannya pola pernapasan yang teratur dan terkontrol itu bisa membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan membantu mengelola stres.

Ini pun bisa dinikmati oleh semua kelompok usia, dari anak-anak hingga lansia. Ini juga dapat menjadi bentuk rekreasi yang menyenangkan bagi keluarga.

Selain menjadi olahraga, renang juga merupakan keterampilan hidup yang penting. Kemampuan berenang dapat menyelamatkan nyawa saat berada di sekitar air, seperti kolam renang atau perairan terbuka.

Saat berenang, perlengkapan penting termasuk baju renang yang nyaman, kacamata renang, penutup telinga (jika diperlukan), dan topi renang untuk melindungi rambut.

Sebelum memulai, pastikan untuk berlatih di lingkungan yang aman, seperti kolam renang yang terawat dengan baik atau pantai yang memiliki pengawasan. (RAF)

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Pameran Olahraga Ekstrim Terbesar Di Asia Kembali Di Gelar Untuk Perkuat...

0
tribundepok.con, Jakarta -- Dyandra Event Solutions berkolaborasi dengan BRImo mengadakan pameran olahraga ekstrim terbesar di Asia bertajuk Deep Extreme Indonesia (DXI). Pameran yang akan berlangsung...

AMPPKD desak Disdik Segera Stop Study Tour

0
Maraknya kejadian kecelakaan bis pengangkut siswa peserta Study Tour / Perpisahan Sekolah akhir-akhir ini membuat beberapa element Masyarakat yang Tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli...

Akademisi Unsoed Desak DPR: Tolak RUU Penyiaran yang Dinilai Ancam Kebebasan...

0
tribundepok.com--Dr. Edi Santoso, seorang akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), menegaskan pentingnya bagi DPR RI untuk mendengarkan suara insan pers dan masyarakat terkait Rancangan...