HomeSeputar DepokKuota Terbatas Calon Jama'ah Haji Depok Membludak

Kuota Terbatas Calon Jama’ah Haji Depok Membludak

tribundepok.com –  Meski sempat keluar larangan umroh untuk tahun ini karena Virus Corona Pendaftaran Haji Kota Depok tahun 2020 mencampai 34.000 calon jamaah  sementara kuota yang tersedia hanya 1.700 orang  Hal ini disampaikan oleh H. Hasan Basri selaku Kepala Seksi Urusan Haji Kantor Kementerian Agama Kota Depok.

Biaya  pemberangkatan calon Haji regular untuk mendapatkan kursi pemberangkatan sebesar dua puluh lima juta rupiah, sedangkan untuk Calon Haji Plus berkkisar antar 125 hingga 130 juta rupiah. “ Pendaftaran Haji Plus melalui KBIH dan di  Kota Depok telah tersedia 12 KBIH. Waktu palaksanaan Haji Reguler selama 40 Hari, sedangkan waktu pelaksanaan Haji Plus hanya 25 hari,” papar hasan Basri.

Batasan usia untuk calon jamaah haji minimum 18 tahun dan masimal usia tidak ada pembatasan, Namun jika calon jamaah haji dalam keadaan sakit jelang pemberangkatan, maka wajib digantikan oleh ahli warisnya, akan tetapi jikalau tidak punya keturunan, dana pemberangkatan haji  yang sudah masuk  bisa dikembalikan. Dengan aturan seperti itu tentunya bisa menepis  kekhawatiran para calon jamaah terutama yang usianya cukup tua.

“ Sedangkan skala prioritas akan diberikan pada jamaah haji yang usianya diatas 65 tahun, dikarenakan setiap pemberangkatan ada 1 % kuota untuk lansia. Sementara bagi jamaah yang sudah pernah menjadi Haji, bisa ikut pendaftaran keberangkatan kembali setelah sepuluh tahun kemudian, hal ini suah diatur dalam sistim komunikasi informasi haji (Siskohaj),” tambah Hasan Basri.

Pemberangkatan haji wilayah Jawa Barat melalui embarkasih Majalengka, tepatnya melalui Bandara Kerta Jaya Majalengaka setelah satu hari dikonsentrasikan di asrama haji Bekasi. Karena keterbasan kuota, maka bagi calon jamaah haji yang baru mendaftarkan diri tahun ini, maka pemberangkatannya pada 21 tahun yang akan datang.

Untuk rekomendasi pemberangkatan jamaah umroh haji, setiap hari terdaftar 15 – 20 orang, berarti diperkirakan setiap bulannya dari Kota Depok untuk Haji Umroh mencapai 3000 orang.

Meski peminat membludak kuota haji tidak bisa ditambah. “Kenaikan kuota bisa terjadi bila ditingkat pusat ada penambahan kuota, maka otomatis kuota tingkat propinsi, kota dan kabupaten bisa diadakan penambahan kuota, “ pungkas H. Hasan Basri. (toro)

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

BEDAH NOVEL MIJIL DAN PERFORMA BUDAYA DI JOGJA ISTIMEWA : UPAYA...

0
tribundepok.com - Unit Bisnis Strategis (UBS) www.petani.id bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta Lintas Data Prima, kembali menyelenggarakan...

Perokok Baru di Kota Depok Meningkat, Sekda Ajak Tingkatkan Kepatuhan terhadap...

0
tribundepok.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Jawa Barat, Supian Suri, mengungkapkan bahwa tingkat perokok baru di kota tersebut mencapai 29 persen. Bahkan, anak-anak...

Raja Juli Antoni Dikatakan Berpeluang Besar Menggantikan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri...

0
tribundepok.com - Menurut Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie, Raja Juli Antoni memiliki potensi besar untuk mengisi posisi yang ditinggalkan oleh...