HomeTeknologiInovasi "Batako-Green": Solusi Kreatif Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pertamina...

Inovasi “Batako-Green”: Solusi Kreatif Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pertamina untuk Mengelola Limbah Perikanan

tribundepok.com – Indonesia, dengan 62% luas wilayahnya yang terdiri dari perairan seluas 6,32 juta km², memegang peranan penting dalam industri perikanan dunia. Namun, dampaknya terhadap lingkungan juga menjadi perhatian. Produksi perikanan yang mencapai 18,5 juta ton pada tahun 2023 menyebabkan peningkatan limbah perikanan. Untuk mengatasi hal ini, Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pertamina (UPER) membawa solusi kreatif dengan menciptakan inovasi “Batako-Green”.

Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor, Prof Dr Ir Rokhmin Dahuri M., mengungkapkan bahwa limbah perikanan, seperti cangkang, kulit, dan bagian lain dari ikan, menyumbang 30 hingga 40 persen dari total produksi perikanan. Limbah ini dapat menyebabkan pencemaran lingkungan, kerusakan ekosistem, dan masalah kesehatan masyarakat.

“Pemilihan cangkang kerang hijau didasari oleh kandungan elektrolitnya yang dapat menghasilkan energi listrik. Inilah dasar dari inovasi ‘Batako-Green’,” kata Riko Andriawan, ketua ME’Team,Senin 19 Februari 2024

Dalam pembuatannya, cangkang kerang hijau dihaluskan dan dicampur dengan semen, pasir, dan air. Kemudian, ME’Team menambahkan alat termoelektrik dalam cetakan batako untuk mengonversi perbedaan suhu antara permukaan yang terkena panas matahari dan yang teduh menjadi energi listrik.

Hasilnya, Batako-Green mampu menghasilkan tegangan listrik sebesar 21 volt per batako. Dalam membangun rumah, dibutuhkan sekitar 6.000 batako, yang mampu menghasilkan 126.000 volt tegangan listrik.

“Inovasi ini telah memenangkan medali perak dalam ajang Indonesian International Applied Science Project Olympiad (IA2SPO) 2024.

Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa UPER mampu menghadirkan solusi kreatif untuk masalah nyata,” tambah Riko.

Rektor Universitas Pertamina, Prof. Wawan Gunawan A. Kadir, MS., menyatakan, “Program-progam seperti Proyek Multidisiplin, Sustainable Energy, dan Creative Problem Solving di UPER telah membantu mahasiswa untuk berpikir solutif dan mengaplikasikan ilmu di kelas untuk menjawab masalah secara rill.”

Untuk menyiapkan karir lulusan, UPER menyelenggarakan program Lulusan Merah Putih, yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berinteraksi dengan praktisi dan mengisi posisi di Pertamina Grup.

Bagi calon mahasiswa yang tertarik, Universitas Pertamina membuka kesempatan untuk berkuliah di UPER. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui [situs web resmi UPER](https://pmb.universitaspertamina.ac.id/).( Joko Warihnyo )

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Menhub: Angkutan Lebaran 2024 Berjalan Lancar, Namun Ada Catatan untuk Diperbaiki

0
tribundepok.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan penilaian positif terhadap pelaksanaan Angkutan Lebaran tahun 2024 yang secara umum berjalan lancar. Meskipun demikian, ada...

Peringati Hari Jadi TNI AU Ke-78 Koopsud I Gelar Upacara Ziarah...

0
tribundepok.com, Jakarta -- Dalam rangka memperingati hari jadi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) ke-78 yang jatuh pada tanggal 9 April 2024, Komando...

Musrenbang RKPD Kota Depok 2025: Menuju Masa Depan yang Lebih Baik

0
tribundepok.com - Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Depok Tahun 2025 menjadi sorotan pada Kamis (18/4/24), saat acara berlangsung...