Seputar Depok

Fire Truck Untuk Edukasi

Kawasan yang instagramable, sehingga orang dewasa pun bisa menikmatinya untuk foto-foto dengan segala pernik atau latar belakang terkait kebakaran dan pemadaman. Pastinya akan lebih menarik. Semoga saja pemerintah Kota Depok menyetujuinya, ini juga akan menunjang Depok sebagai tujuan wisata,” papar…bersemangat.

Gandara, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota  Depok

tribundepok.com –  Untuk menjadi kota layak anak, Kota Depok  harus didukung oleh semua stakeholder yang ada, sebagai contoh yang dilakukan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok. Selain tugas utamanya sebagai pasukan pemadam kebakaran juga  melakukan pengenalan, penyuluhan dan pembinaan terhadap masyarakat luas termasuk anak-anak mengenai seluk beluk pemadam kebaran dan cara penanganan kebakaran.

“ Selama ini ketertarikan anak akan pemadam kebakaran sangat tinggi, bahkan banyak diantaranya menganggap pekerjaan pemadam kebakaran ini seperti pahlawan penyelamat alam dan penuh kisah-kisah heroik Ini berawal dari film-film animasi yang suka mereka tonton. Karenanya banyak anak sekolah datang dan mencoba naik kendaraan damkar, menganali peralatan yang ada ,” tutur.

Karena begitu banyak anak-anak yang ingin tahu lebih dekat dan ingin menaiki kendaraan Damkar akhirnya mereka diijinkan naik ke atas kendaraan pemadam  meski tetap dijaga dan diawasi petugas, namun masih dirasa membahayakan .

“ Akhirnya untuk mendukung Depok Kota Ramah Anak kami berinovasi untuk membuat fire truck untuk edukasi dengan memanfaatkan kendaraan yang masih layak jalan namun tidak berfungsi sebagai kendaraan operasional pemadam kebakaran . Kami manfaatkan merenovasi kendaraan tersebut dan melengkapi peralatan secukupnya,” ujar Gandara.

Fire Truck Edukasi ini merupakan yang pertama di Indonesia, sampai saat ini sudah ada sepuluh kota kabupaten  menanyakan tentang hal itu, karena memang minat anak-anak terhadap pemadam kebakaran cukup tinggi.

“ Kami bahkan memimpikan akan membuat paket edukasi yang lebih baik, selain menjadikan sarana edukasi penunjang Kota Layak Anak, bisa juga jadi obyek wisata di Kota Depok. Kami ingin menciptakan sebuah kawasan kecil dimana anak-anak bisa mengenal profesi pemadam kebakaran dengan lebih baik, disana mereka bisa lakukan mersimulasi bagaimana menjadi anggota tim pemadam lengkap dengan seragamnya. Simulasi  apa yang dilakukan bila ada kebakaran dan sebagainya. Kawasan yang instagramable, sehingga orang dewasa pun bisa menikmatinya untuk foto-foto dengan segala pernik atau latar belakang terkait kebakaran dan pemadaman. Pastinya akan lebih menarik. Semoga saja pemerintah Kota Depok menyetujuinya,   ini juga akan menunjang Depok sebagai tujuan wisata,” papar…bersemangat.

Ide seperti ini seharusnya bisa disambut dengan baik oleh pemerintah, bila anggaran tak memungkinkan tak salah juga bila dibangun oleh swasta . Dengan demikian Kota Depok sebagai Layak Anak memang mengedepankan sarana edukasi  sebagai penunjang nyata. (toro)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close