BerandaSeputar DepokBelimbing Dewi, Pesona Buah Asli Depok

Belimbing Dewi, Pesona Buah Asli Depok

tribundepok.com – Belimbing tetap menjadi buah yang sangat primadona dan menjadi ikon Kota Depok sejak Tahun 2007. Hingga saat ini buah belimbing masih banyak dibudidayakan oleh petani yang tersebar di Kota Depok. Selain yang dipusatkan di Kecamatan Sawangan, terdapat pula sentra oleh-oleh penjual Belimbing di sepanjang Jalan Prof Lafran Pane ( Jalan RTM ) Tugu, Kecamatan Cimanggis, kota Depok.

Adalah Fitri (27) yang menekuni usaha jual buah belimbing, yang langsung untuk bisa dikonsumsi. Saat ini Fitri berjualan belimbing sudah berjalan 2 (dua) Tahun, dahulunya diawali dengan membuka counter pulsa.

“Pertama kali yang jualan belimbing disini Mpok Minah (Almarhumah), akhirnya saya juga ikut-ikutan jualan belimbing, peluangnya ada, abis banyak pembelinya”kenang Fitri.

Dulu, menurutnya di Kelurahan Tugu masih banyak Petani Belimbing, sehingga buah belimbing dengan mudah didapatkan langsung dari petani Belimbing Tugu.  Sementara itu belimbing yang dijual oleh para pedagang di sepanjang Jalan RTM berbeda dengan belimbing yang ada di Sawangan.

“Kalau yang di Sawangan namanya Belimbing Bangkok atau belimbing Dewa, rasanya beda, disini lebih manis, dan lebih besar,” papar Fitri.

Konsumen yang datang ke lokasi usahanya bukan hanya warga Kota Depok, pelancong dari luar Depok pun banyak yang mencari. Karena banyak konsumen yang mengetahui manfaat bagi kesehatan diantaranya Vitamin C dan Vitamin A.

Belimbing yang dijual dikiosnya dipatok harga Rp.15.000/kilo. Buah belimbing dapat bertahan 3-4 hari. Bila belimbingnya tersisa akan diolah menjadi syrup. Jika agak busuk akan dibuang. Saat ini ada puluhan pedagang buah belimbing yang membuka usaha di Jalan RTM, yang masuk ke wilayah RT.04 RW.11 Kelurahan Tugu.

Belimbing di kota Depok banyak dikembangkan dilahan-lahan masyarakat dan uniknya banyak juga dikembangkan disepanjang kali ciliwung, seperti yang terdapat di Kelurahan Tugu. Sehingga pemandangan sepanjang kali Ciliwung menjadi indah dan asri dengan keberadaan tanaman belimbing ini, hal ini berpotensi menjadi kawasan Agrowisata Belimbing Depok di Sepanjang Ciliwung. (and)

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Universitas Pertamina Berperan di THE Asia Universities Summit 2024

0
tribundepok.com  - Tantangan global semakin beragam, mendorong kerja sama lintas negara dalam pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan inovatif. Riset Erasmus Impact Study...

Harapan Walikota Depok: Kampung KB RW 19 Baktijaya Raih Juara Tingkat...

0
tribundepok.com - Walikota Depok, Mohamad Idris, menaruh harapan besar pada Kampung Keluarga Berkualitas (KB) RW 19, Komplek Pelni, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, untuk meraih...

Silaturahmi Jaguar Family Skadron Udara 45 Wujudkan Slogan “Once Jaguar We...

0
tribundepok.com - Jakarta - Kepala Staf Komando Operasi Udara (Kaskoopsud) I, Marsekal Pertama TNI Daan Sulfi, S.Sos., M.Si., M.Han., menghadiri silaturahmi Jaguar Family Skadron...