BerandaPendidikanUI dan IU Menandatangani MoU: Jalin Kerja Sama untuk...

UI dan IU Menandatangani MoU: Jalin Kerja Sama untuk Meningkatkan Pendidikan dan Penelitian

tribundepok.com – Universitas Indonesia (UI)dan Indiana University (IU) telah resmi menjalin kerja sama melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D, dan President Indiana University, Pamela Whitten. Acara tersebut berlangsung pada Rabu (17/4), di kampus Indiana University yang berlokasi di Indianapolis.

IU, sebagai salah satu dari 20 universitas negeri terbaik di Amerika Serikat, memiliki sembilan kampus dengan 980 program akademik. Dengan fokus pada beberapa bidang keilmuan, kerja sama antara UI dan IU akan menyoroti Public and Environmental Affairs, Business and Organizations, Informatics, Computing, Engineering, serta Education.

Selain itu, kerja sama ini juga dapat diperluas mengingat IU memiliki program-program unggulan dalam berbagai bidang lainnya.

Pada tahun 2024, beberapa program pascasarjana IU menduduki posisi teratas di Amerika Serikat menurut pemeringkatan US News.

Program-program tersebut antara lain bidang Environmental Policy and Management, Public Finance and Budgeting, Public Management and Leadership, dan Nonprofit Management.

Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi institusi pendidikan, individu yang terlibat, dan masyarakat luas.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D, menyatakan bahwa kerja sama internasional antara UI dan IU penting untuk membangun pendidikan global yang berkualitas.

“Pendidikan global memegang peranan yang penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” ujarnya.

Sementara itu, dalam pidato sambutannya, Presiden IU Pamela Whitten menyampaikan bahwa hubungan kedua universitas telah berlangsung selama 65 tahun dan penandatanganan MoU ini akan memperkuat dan memperluas kolaborasi di masa depan.

Acara penandatanganan MoU tersebut juga dihadiri oleh perwakilan UI seperti Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Logistik, Vita Silvira, S.E., MBA; Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Arief Wibisono Lubis, Ph.D; serta beberapa perwakilan dari IU seperti Indiana University Indianapolis Chancellor, Latha Ramchand, dan Indiana University Bloomington Provost, Rahul Shrivastav.

Dengan penandatanganan MoU ini, diharapkan kerja sama antara UI dan IU akan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian di kedua belah pihak serta menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat secara luas.( Joko Warihnyo )

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Harapan Walikota Depok: Kampung KB RW 19 Baktijaya Raih Juara Tingkat...

0
tribundepok.com - Walikota Depok, Mohamad Idris, menaruh harapan besar pada Kampung Keluarga Berkualitas (KB) RW 19, Komplek Pelni, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, untuk meraih...

Imam Budi Hartono : Perusahaan Berperan Kunci dalam Pengurangan Pengangguran di...

0
tribundepok.com - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono, mengungkapkan pentingnya peran perusahaan dalam upaya mengurangi angka pengangguran di Kota Depok. Dalam upaya tersebut,...

Akademisi Unsoed Desak DPR: Tolak RUU Penyiaran yang Dinilai Ancam Kebebasan...

0
tribundepok.com--Dr. Edi Santoso, seorang akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), menegaskan pentingnya bagi DPR RI untuk mendengarkan suara insan pers dan masyarakat terkait Rancangan...