BerandaPendidikanUI Buka Program Magister Terapan Industri Kreatif, Pendaftaran Masih...

UI Buka Program Magister Terapan Industri Kreatif, Pendaftaran Masih Dibuka hingga 13 Juni 2024

tribundepok.com – Universitas Indonesia (UI) melalui Program Pendidikan Vokasi (PPV) memperkenalkan program studi baru untuk jenjang pascasarjana, yakni Magister Terapan Industri Kreatif. Program ini diharapkan mampu menjawab tantangan perkembangan global di sektor industri kreatif dan menjadi wadah bagi sumber daya manusia di Indonesia untuk berperan aktif di dalamnya.

Industri kreatif, sebagai bagian dari ekonomi kreatif, mencakup berbagai sektor yang memanfaatkan keahlian dan kreativitas untuk menghasilkan produk dan jasa. Dengan demikian, peningkatan keilmuan, keahlian, dan jejaring sangat penting untuk menghasilkan pelaku bisnis yang andal dan adaptif terhadap perubahan serta mampu mentransformasikan ekonomi Indonesia.

Direktur PPV UI, Padang Wicaksono, S.E., Ph.D, menegaskan pentingnya pendidikan dalam menunjang perkembangan industri kreatif di Indonesia.

“Institusi bisnis industri kreatif yang berkembang dengan tata kelola baik akan memberikan dampak luas bagi masyarakat. Kondisi ini perlu difasilitasi dengan peningkatan keilmuan, keahlian, dan jejaring,” ujar Padang kemarin saat membuka prodi baru tersebut bersamaan dengan Dies Natalis ke-16 PPV UI, di Ruang Auditorium Vokasi, Kampus UI Depok.

### Program Studi Magister Terapan Pertama di UI

Program Studi Magister Terapan Industri Kreatif menjadi yang pertama di UI dan prodi ke-16 di PPV UI. Prodi ini dirancang untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan dan mengelola bisnis industri kreatif berbasis teknologi secara profesional, mandiri, beretika, dan berdaya saing global. Lingkup kajian prodi ini sangat vokasional dan relevan dengan kebutuhan industri kreatif, masyarakat, serta pemerintah.

Pendaftaran untuk Program Studi Magister Terapan Industri Kreatif sudah dibuka untuk Periode Tahun Akademik 2024/2025 melalui jalur SIMAK UI gelombang 2 yang berlangsung dari 16 Mei hingga 13 Juni 2024. Calon mahasiswa dapat membuat akun pendaftaran di [situs penerimaan UI](https://penerimaan.ui.ac.id/).

Kesempatan untuk Lulusan D4 dan S1

Prodi ini terbuka bagi lulusan sarjana terapan (D4) maupun sarjana (S1) yang ingin melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi. Mata kuliah yang ditawarkan antara lain Kreativitas dan Inovasi, Kebudayaan dan Industri Kreatif, Regulasi Industri Kreatif dan Kekayaan Intelektual, Manajemen Strategik Industri Kreatif, Kewirausahaan Teknologi, dan lainnya. Informasi lengkap mengenai program ini dapat diakses melalui [laman Vokasi UI](https://vokasi.ui.ac.id/web/).

Perayaan Dies Natalis ke-16 PPV UI

Selain pembukaan prodi baru, Dies Natalis ke-16 PPV UI juga diramaikan dengan berbagai kegiatan, termasuk penampilan dari UKM mahasiswa, yaitu Traya dan Mahawaditra, serta berbagai perlombaan seperti lomba fotografi, creative content IG Reels, karnaval budaya, dan treasure hunt. “Bertambahnya usia Vokasi UI yang ke-16 menandakan bahwa kami semakin matang dalam berpartisipasi menciptakan lulusan vokasional yang berkualitas dan sesuai kebutuhan industri. Dibukanya prodi magister terapan ini juga akan menjadi wadah bagi mahasiswa untuk memperdalam ilmu vokasional yang dapat diterapkan di masyarakat serta meningkatkan perekonomian bangsa, khususnya di sektor industri kreatif,” jelas Padang.

Dengan dibukanya Program Magister Terapan Industri Kreatif, UI berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan sektor industri kreatif di Indonesia dan menghasilkan lulusan yang siap bersaing di kancah global.( JW )

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Pertunjukan Drama Musikal Keluarga Cemara Bisa Menjadi Destinasi Baru Liburan Keluarga

0
tribundepok.com, Jakarta -- Dalam rangka mengisi liburan sekolah Visinema Studios bersama www.Indonesiakaya.com dan Teter Musical Nusantara (Teman) mengadakan pertunjukan panggung musikal yang berjudul Keluarga...

Kepala BPN Kota Depok: Mutasi ASN Sebagai Upaya Pengembangan Karier dan...

0
tribundepok.com – Dalam rangka pengembangan karier dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok, Indra Gunawan, menyerahkan Surat...

Awas! Pemadanan NIK dengan NPWP Akan Berakhir, Waspadai Dampaknya!

0
tribundepok.com – Batas akhir pemadanan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dengan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) semakin dekat. Pemerintah menetapkan tanggal 30 Juni 2024 sebagai...