BerandaSeputar DepokSegini Jumlah Rumah Tidak Layak Huni di Depok yang...

Segini Jumlah Rumah Tidak Layak Huni di Depok yang Dapat Bantuan

tribundepok com – Sebanyak 2.211 rumah tidak layak huni (RTLH) di Kota Depok akan mendapat program bantuan perbaikan di tahun 2023.

Kepala Bidang Pemukiman Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok Iyay Gumilar mengatakan jumlah rumah yang mendapat bantuan tersebut lebih banyak dari pada tahun sebelumnya.

“Tahun lalu hanya 746 unit rumah yang dapat bantuan rumah tidak layak huni,” kata Iyay Gumilar, Rabu (16/2023).

Iyay Gumilar menyampaikan total anggaran untuk perbaikan rumah tahun ini sekitar Rp 50,8 miliar.

Segini Jumlah Rumah Tidak Layak Huni di Depok yang Dapat Bantuan

Dikatakan Iyay Gumilar perbaikan satu unit RTLH dianggarkan Rp23 juta dengan rincian Rp20 juta untuk pembelian material bangunan dan Rp3 juta pembiayaan jasa tukang bangunan.

“Diharapkan dana akan cair setelah puasa agar segera melakukan rehabilitasi RTLH. Sedangkan syarat penerima RTLH adalah individu atau keluarga miskin dan kerusakan rumah tidak 100 persen,” ujar dia.

Lebih lanjut kata dia penerima manfaat perbaikan RTLH harus melalui proses verifikasi dan validasi lapangan oleh tim dari Dinas Sosial (Dinsos) dan Disrumkim Depok.

Kemudian, mereka yang sudah diverifikasi akan merima buku Rekening BJB.

“Setelah itu akan ditransfer senilai Rp23 juta ke buku rekening BJB yang dimiliki untuk perbaikan RTLH. Setelah proses pencairan anggaran, rumah-rumah tersebut dapat langsung diperbaiki,” terangnya.

Iyay menegaskan kepada penerima manfaat harus bertanggungjawab secara mutlak, rumah yang diperbaiki tidak boleh diperjualbelikan dalam kurun waktu tiga tahun.

“Kalau syarat, kerusakan rumah bukan disebabkan bencana alam, letak aesuai tata ruang dan wilayah dan belum pernah menerima Bansos RTLH dalam tiga tahun terakhir,” imbuhnya ( JK )

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Ternyata BLP Benar-Benar Di Grudug Massa

0
tribundepok.com - Gedung Badan Lelang & Pelayanan(BLP) Kota Depok pagi hari Kamis,18 juli 2024 terlihat hiruk pikuk dan ramai sekali. Ternyata Sekitar 100 massa yang...

Garnus Apresiasi Kesuksesan Disdik Depok PPDB Depok 2024 Kondusif

0
tribundepok.com - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Depok untuk jenjang Taman Kanak-Kanak Negeri (TKN), Sekolah Dasar Negeri (SDN), dan Sekolah Menengah Pertama...

Imam Budi Hartono Serap Aspirasi Pengemudi Ojek Online di Program ‘Nyentil...

0
tribundepok.com - Keluarga Besar Bang Imam (KBBI) mengadakan program Nyentil Imam edisi ojek online di wilayah Kecamatan Cipayung, Sabtu (14/7) malam. Nyentil Imam edisi kali...