BerandaNasionalNah Lho! Kritik Civitas Akademika Terhadap Sikap Jokowi dalam...

Nah Lho! Kritik Civitas Akademika Terhadap Sikap Jokowi dalam Pemilu 2024 Dibantah oleh Pengamat Politik

tribundepok.com – Sejumlah civitas akademika dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia menghadapi kritik keras setelah memberikan sorotan terhadap sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait Pemilu 2024. Kontroversi muncul setelah Jokowi menyatakan bahwa seorang presiden dapat memihak dan terlibat dalam kampanye pemilu.

Akan tetapi, kritik tersebut mendapat reaksi balik dari pengamat politik dari Forum Demokrasi Sriwijaya (ForDes), Bagindo Togar. Baginya, aksi para akademisi terlambat dan cenderung sia-sia.

“Tindakan ini terlambat. Mengapa gerakan ini tidak muncul saat tahap pendaftaran dan penetapan calon presiden? Mereka muncul belakangan, seolah-olah mendukung calon tertentu yang semakin kuat,” ujar Bagindo Togar seperti dilansir Kantor Berita RMOLSumsel pada Senin (5/2/2024)

Bagindo meragukan tujuan sejati dari gerakan para akademisi ini. Dia menduga adanya motif politik atau dukungan tertentu terhadap salah satu pasangan calon.

“Kenapa gerakan ini muncul sekarang dengan dalih konstitusi dan demokrasi? Kenapa sekarang? Untuk siapa gerakan ini? Para akademisi seharusnya terlibat dalam analisis politik, bukan praktik politik,” tandasnya.

Menurutnya, ketika Mahkamah Konstitusi (MK) memberikan keputusan bahwa seorang calon presiden dapat berumur 40 tahun, tak ada reaksi dari kalangan akademisi.

Bagindo menegaskan bahwa kritik baru muncul ketika salah satu pasangan calon semakin populer, yang memicu pertanyaan tentang motif sebenarnya dari gerakan para akademisi.

“Kenapa baru bereaksi ketika salah satu paslon semakin kuat? Ini yang membuat kami bertanya-tanya,” tambahnya.

Polemik ini menambah kompleksitas diskusi terkait keberlangsungan Pemilu 2024, di mana peran akademisi dan sikap pemerintah menjadi sorotan utama dalam upaya memastikan proses demokratis yang transparan dan adil.*

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Kupas Tuntas Masalah Blockchain hingga Industri Media Fesyen di Ajang Promed’s...

0
tribundepok.com – Pada akhir Mei lalu, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) melalui Program Studi Produksi Media menggelar ajang Promed’s IP WEEK di Auditorium...

Transformasi Lahan Tidur di Depok: Tasyakuran Sukses Urban Farming Menuju Cipayung...

0
tribundepok.com – Dalam upaya mendukung ketahanan pangan dan ekonomi lokal, Kodim 0508/Depok bersama Pemerintah Kota Depok dan komunitas petani yang tergabung dalam K3D berhasil...

Kode Keras PSI Dukung dr Ririn untuk Pilkada Depok 2024

0
tribundepok.com – Dalam rangka menyongsong pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024, dinamika politik di Kota Depok mulai memanas dengan berbagai manuver strategis partai-partai politik....