BerandaNasionalMenteri Kelautan dan Perikanan Ajak Peneliti UI Kembangkan Ekonomi...

Menteri Kelautan dan Perikanan Ajak Peneliti UI Kembangkan Ekonomi Biru, Gali Potensi Laut Indonesia

tribundepok.com – Universitas Indonesia (UI) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI merayakan World Ocean Day 2024 dengan acara Bincang Bahari yang menghadirkan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Ir. Sakti Wahyu Trenggono, M.M. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 300 peserta pada Kamis (6/6/2024) di Balai Sidang UI.

Menteri Sakti menekankan pentingnya laut bagi kehidupan manusia dan perlunya menjaga kesehatan laut melalui pengembangan ekonomi biru. Beliau menyebutkan lima poin penting dalam kebijakan ekonomi biru: perluasan kawasan konservasi laut, penangkapan ikan terukur berbasis kuota, pengembangan perikanan budidaya berkelanjutan, pengawasan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, serta pembersihan sampah plastik di laut.

Untuk mencapai tujuan tersebut, kolaborasi dengan perguruan tinggi, khususnya dalam riset dan inovasi, sangat diperlukan. Menteri Sakti mengungkapkan pentingnya pengembangan biota laut untuk kebutuhan obat-obatan, mengingat Indonesia masih mengimpor sebagian besar bahan obat-obatan.

Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UI, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA, menyatakan dukungan penuh UI terhadap riset dan inovasi sumber daya laut berkelanjutan. UI berkomitmen untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kelestarian laut dan berharap kolaborasi ini akan menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan ekosistem laut.

Diskusi dalam acara ini membahas topik “Memanfaatkan Potensi Bioteknologi, Biofarmakologi Kelautan, dan Sea Water Mining” dengan narasumber dari UI dan industri terkait. Prof. Dr. apt. Arry Yanuar, M.Si., menguraikan potensi bioprospeksi laut dan perlunya basis data komprehensif untuk memetakan potensi produk alam laut Indonesia.

Dr. Miftahul Huda, M.Si., menyoroti tantangan standardisasi bahan baku untuk industri farmasi di Indonesia, yang masih terhambat oleh keterbatasan sarana dan sumber daya manusia. Diskusi juga membahas Sea Water Mining, yang mencakup ekstraksi dan pemurnian air laut untuk berbagai kebutuhan, termasuk menghasilkan garam dan air minum, serta potensi ekonomi lainnya.

Acara ini diharapkan meningkatkan kesadaran tentang kondisi laut Indonesia dan mendorong tindakan nyata untuk pelestarian laut, serta mendukung kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya kelautan yang berkelanjutan.( Joko Warihnyo )

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Keributan di Karaoke Inul Vista Berbuntut Panjang

0
tribundepok.com - Kasus keributan dan penganiayaan yang terjadi di outlet Inul Vista Karaoke DMall Margonda,Sabtu ( 8/6/2024) kini berbuntut panjang dan semakin rumit. Insiden...

Hotel Ciputra Jakarta Tawarkan Paket” Goal-Getter Euro” 2024 Untuk Penggila Bola...

0
tribundepok.com, Jakarta -- Hotel Ciputra Jakarta menawarkan paket menginap untuk pencinta sepak bola yang di beri nama "Goal-Getter Euro". Paket yang di luncurkan saat momen...

Sambut Hari Lingkungan Sedunia, Tirta Asasta Depok Himbau Masyarakat Untuk Menjaga...

0
tribundepok.com – Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni merupakan momentum penting untuk meningkatkan kesadaran dan aksi masyarakat terhadap perlindungan lingkungan. Perserikatan...