BerandaNasionalMendidik Generasi Z untuk Membangun Karir yang Sukses: Pengalaman...

Mendidik Generasi Z untuk Membangun Karir yang Sukses: Pengalaman dan Wawasan dari Para Ahli

tribundepok.com – Para ahli dan praktisi terkemuka dalam bidang pendidikan dan karir berkumpul dalam sebuah acara yang sangat informatif, “Energizing Your Future”, di Open House Universitas Pertamina (UPER) pada tanggal 3 Februari.

Acara tersebut dihadiri oleh hampir 600 siswa dan siswi SMA, orang tua, serta guru dari berbagai daerah di Indonesia. Diskusi yang berlangsung memaparkan langkah-langkah penting dalam memilih pendidikan dan membangun karir yang sukses, terutama dalam menghadapi perubahan drastis di pasar tenaga kerja.

Menurut laporan Future of Jobs 2023, perubahan pasar tenaga kerja yang diprediksi terjadi hingga 2027 menunjukkan adanya peluang dan tantangan bagi generasi Z.

Meskipun digitalisasi mengancam sejumlah jenis pekerjaan, namun di sisi lain, transformasi teknologi juga menciptakan banyak pekerjaan baru. Dalam konteks ini, penting bagi generasi muda untuk mempersiapkan diri dengan baik.

Fadli Rahman, Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis PT Pertamina Power Indonesia, berbagi pengalaman penting tentang membangun karir sejak usia dini. Dia menekankan bahwa keaktifan selama berkuliah menjadi faktor penentu dalam memilih kandidat pekerja.

Ini menunjukkan pentingnya terlibat dalam organisasi dan pengalaman magang untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja.

Praktisi HRD Hary Kuswanto dari PT Pertamina Hulu Energi juga menegaskan bahwa pengalaman bekerja menjadi hal yang dipertimbangkan oleh HRD dalam memilih kandidat pekerja.

Dia menambahkan bahwa kandidat yang sudah memiliki pengalaman kerja cenderung lebih berkompeten dalam menyelesaikan berbagai hambatan di dunia kerja.

Motivator milenial Indra Sugiarto dan pakar psikometri, Boby Suwandi, memberikan pemahaman terkait minat dan bakat saat memilih program studi dan karir masa depan.

Mereka menekankan pentingnya melakukan penilaian diri dan berdiskusi dengan berbagai pihak, seperti guru BK di sekolah, lembaga penasihat karir, maupun orang tua.

Jihandini Rhodiya, alumni Universitas Pertamina yang baru sukses menembus rekrutmen di PT Pertamina Lubricants, menekankan pentingnya terlibat dalam berbagai kegiatan di luar akademik selama masa studi.

Dia juga menyampaikan bahwa layanan karir terpusat kampus memberikan bimbingan yang berharga dalam menghadapi proses rekrutmen kerja.

Selain itu, kegiatan Open House UPER juga memberikan informasi terkait program studi yang lulusannya bakal dibutuhkan di masa depan, seperti peminatan energi baru terbarukan, bioteknologi, automation and internet of things, geofisika, artificial intelligence, dan perminyakan.

Hal ini bertujuan untuk membekali generasi muda dengan pengetahuan dan wawasan yang diperlukan untuk membangun karir yang sukses di masa mendatang.

Rektor Universitas Pertamina, Prof. Dr. Ir. Wawan Gunawan A. Kadir MS, menjelaskan bahwa melalui kegiatan ini, siswa dan orang tua dapat memahami tren dan peluang karir masa depan. Universitas Pertamina juga menawarkan program-program studi yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja, serta menyediakan program Lulusan Merah Putih yang menyiapkan mahasiswa terbaik untuk berkarir di Pertamina grup.

Saat ini, Universitas Pertamina (UPER) tengah membuka peluang untuk berkuliah bagi mereka yang tertarik. Dengan berbagai program studi dan kesempatan karir yang menjanjikan, UPER menawarkan panggung yang ideal bagi generasi Z untuk meraih masa depan yang sukses dan berdampak.( Joko Warihnyo )

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Sambut Hari Lingkungan Sedunia, Tirta Asasta Depok Himbau Masyarakat Untuk Menjaga...

0
tribundepok.com – Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni merupakan momentum penting untuk meningkatkan kesadaran dan aksi masyarakat terhadap perlindungan lingkungan. Perserikatan...

Keributan di Karaoke Inul Vista Berbuntut Panjang

0
tribundepok.com - Kasus keributan dan penganiayaan yang terjadi di outlet Inul Vista Karaoke DMall Margonda,Sabtu ( 8/6/2024) kini berbuntut panjang dan semakin rumit. Insiden...

Swiss-Bell Hotel Pondok Indah Gandeng Element Isi Liburan Sekolah

0
tribudepok.com, Jakarta - Dalam rangka meningkatkan awareness venue dan revenue Swiss-Café™ Restaurant, serta mempertahankan eksistensi hotel ditengah persaingan bisnis saat ini, Swiss-Bell Hotel Pondok...