BerandaSeputar DepokLebaran Depok, Upaya Melestarikan Tradisi Lewat Budaya, Pemainan Tradisional...

Lebaran Depok, Upaya Melestarikan Tradisi Lewat Budaya, Pemainan Tradisional dan Kuliner

tribundepok.com – Tahun ini sudah keenam kalinya kegiatan Lebaran Depok dilaksanakan. Bahkan kegiatan ini sudah terdaftar di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenkraf) serta melibatkan ratusan pelaku UMKM di Depok. Lebaran Depok 2924 diawali dengan kegiatan Ngubek Empang ( Kamis 16/5/24).

Acara Lebaran Depok 2024 yang bertemakan Depok Tempo Doeloe ini di buka secara resmi oleh wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono di Alun-alun Kota Depok, Grand Depok City, Jumat (17/05/24). Selain para pejabat OPD, tokoh masyarakat dan warga Depok kegiatan tersebut juga dihadiri sekitar 25 kepala daerah lain sebagai tamu undangan.

Acara yang masuk dalam Calendar Of Event-Keriaan Depok 2024 ini digelar mulai 16-19 Mei 2024. Dimana tahun ini Kecamatan Cilodong menjadi tuan rumahnya.

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengenalkan Lebaran Depok sebagai tradisi orang tua zaman dahulu menjelang Hari Raya Idulfitri.

“Ini budaya orang-orang Depok yang punya keunikan, mudah-mudahan semakin dikenal warganya dan juga secara nasional,” ujar Imam berharap.

Menurutnya, Depok sebagai kota urban warganya beragam, dari segi agama, etnis, hingga budayanya. Oleh karena itu, Kota Depok kerap dibilang miniaturnya Indonesia.

Bang Imam mengajak seluruh warga untuk melestarikan budaya orang Depok sudah mulai menghilang tergerus budaya asing ataau modern. Akan makin punah jika tak dilestarikan.

Rangkaian acara Lebaran Depok ini cukup padat selama beberapa hari kedepan dan kental dengan nuansa budaya Betawi Depok.
“Mari kita sama-sama lestarikan budaya kita, baba dan emak semua , supaya bisa terus ada, meski era globalisasi tapi tetap kita harus mempertahankan dan mengembangkan budaya Depok kita,” ajak Iman.

Sementara itu Ketua Kumpulan Orang-orang Depok (KOOD) Ahmad Dahlan menuturkan Lebaran Depok sebagai ajang budaya yang harus dipertahankan, karena terdapat kegiatan budaya yang sering dilakukan oleh orang-orang Depok tempo dulu, salah satunya potong kebo andil.

“Jadi kebo andil ini tradisi orang Betawi menjelang hari raya. Potong kebo ini untuk persiapan daging di hari raya. Cara membeli kebo andil itu dengan patungan atau urunan,” tutur Ahmad Dahlan.

Pria yang akrab disapa Baba Dahlan ini melanjutkan, tradisi kebo andil di Depok ini dagingnya dibagikan kepada orang yang patungan membeli hewan tersebut untuk persiapan lebaran

Selain itu, di Lebaran Depok juga ada tradisi “ngubek empang” atau menangkap ikan untuk keperluan lebaran.

“Orang Depok dulu kalau lebaran juga patungan beli ikan kecil dipelihara di empang atau kolam iklan. Jelang lebaran empangnya diubek,” tuturnya.

Selain potong kebo andil dan ngubek empang, lanjut Baba Dahlan, ada tradisi Pasar Penghabisan dan juga Rantangan.

Pada perayaan Lebaran Depok 2024 ini juga di warnai dengan berbagai atraksi dan lomba permainan tradisional seperti egrang, gebuk bantal, terompah, nganyam ketupat dan rebut dandang

Ia berharap kegiatan Lebaran Depok ini bisa menghibur dan menggembirakan warga kota tersebut.

“Di Lebaran Depok tahun ini kita adakan fashion show pakaian tahun 70-an yaitu celana cutbray. Mudah-mudahan Lebaran Depok ini menggembirakan, menghibur warga. Tak hanya itu ada 245 UMKM turut memeriahkan Lebaran Depok” pungkasnya ( d’toro)

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Kepala BPN Kota Depok: Mutasi ASN Sebagai Upaya Pengembangan Karier dan...

0
tribundepok.com – Dalam rangka pengembangan karier dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok, Indra Gunawan, menyerahkan Surat...

Hotel Ciputra Jakarta Tawarkan Paket” Goal-Getter Euro” 2024 Untuk Penggila Bola...

0
tribundepok.com, Jakarta -- Hotel Ciputra Jakarta menawarkan paket menginap untuk pencinta sepak bola yang di beri nama "Goal-Getter Euro". Paket yang di luncurkan saat momen...

Transformasi Lahan Tidur di Depok: Tasyakuran Sukses Urban Farming Menuju Cipayung...

0
tribundepok.com – Dalam upaya mendukung ketahanan pangan dan ekonomi lokal, Kodim 0508/Depok bersama Pemerintah Kota Depok dan komunitas petani yang tergabung dalam K3D berhasil...