BerandaEkbisJamkrindo Gandeng Pawon Kopi Salarea Hadir di Agrofood Expo...

Jamkrindo Gandeng Pawon Kopi Salarea Hadir di Agrofood Expo 2023

tribundepok.com – Seiring dengan berkembangnya usaha kopi yang semakin disambut baik oleh masyarakat,Pawon Kopi Salarea berkesempatan ikut serta dalam ajang Agrofood Expo 2023 yang digelar 10–13 Agustus 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.UMKM binaan PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) asal Cibatu, Garut, Jawa Barat, ini membawa beberapa produk seperti Kopi Cibatu, teh herbal dari kulit kopi atau cascara, gula aren, hingga sample bibit kopi biji kuning yang ditanam Pawon Kopi Salarea bersama Jamkrindo di demplot kopi Bungarungkup.

Pada pameran ini diikuti 100 pelaku usaha di sektor agribisnis, agro industri, BUMN, swasta, kementerian, pemerintahan daerah (pemda) hingga asosiasi yang berpartisipasi. Beberapa di antaranya Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMII), Masyarakat Pertanian Organik Indonesia (Maporina), Himpunan Kerukunan Tani Indoensia (HKTI), Coffee Lover Indonesia dan Artisan Tea.

Jamkrindo Gandeng Pawon Kopi Salarea Hadir di Agrofood Expo 2023

Pada event ketahanan pangan Indonesia yang dihadiri sejumlah pemerintah daerah dari Aceh hingga Papua ini, Pawon Kopi juga membawa  sample bebrapa proses pengolahan kopi pasca panen dalam bentuk gabah  lewat proses natural, honey, fermentasi (wine), dan fullwash.

Selain itu juga menampilkan sample green bean untuk jenis kopi arabika dan robusta.  Tak ketinggalan, ceri kopi juga ditampilkan dari yang sudah melewati berapa proses sortir dan yang belum dipilah dengan tingkat kematangan berbeda-beda.

“Kami membawa contoh kopi dengan beberapa proses pengolahannnya sebagai media edukasi untuk mengenal lebih jauh tentang kopi. Yang mana, untuk mendapatkan kualitas kopi terbaik tentu melewati banyak tahapan dan proses panjang dari sisi hulu,” kata Dadan M Ramdan, Owner Pawon Kopi Salarea.Kepada tribundepok.com Sabtu ( 12/8/2023).

Dikatakan Dadan, momentum Agrofood Expo 2023 sangat strategis karena saat ini dunia juga termasuk Indonesia dihadapkan pada krisis pangan yang tak lagi sekedar ancaman tapi sudah dirasakan dampaknya dengan munculnya fenomena El Nino atau kemarau ekstrem.

“Ini momentum strategis untuk memperkuat ekosistem pertanian dari hulu hingga hilir. Kami sangat bersyukur diberi kesempatan berpartisipasi di Agrofood Expo 2023 lewat fasilitasi Jamkrindo, sehingga bisa promosi dan memperluas pasar,” ujarnya.

Menurut Dadan, Pawon Kopi untuk pertama kalinya mengenalkan produk baru yakni kopi susu gula aren di Agrofood Expo 2023.

“Alhamdulillah, banyak mendapat respon dari pengunjung yang menjajal. Dapat masukan-masukan yang sangat penting untuk perbaikan,” ucap Dadan

Ekosistem Pertanian Acara Agrofood Expo 2023 dibuka oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, Kementerian Pertanian, Prayudi Syamsuri. Dalam sambutannya, Prayudi menyebutkan, untuk mencapai pertanian yang maju, mandiri dan modern dalam mewujudkan kedaulatan pangan sangat dibutuhkan peranan ekosistem pelaku usaha pertanian yang dikembangkan secara komprehensif dan terpadu.  Mengingat, sektor pertanian terbukti menjadi satu-satunya sektor yang tangguh di masa pandemi Covid-19. Pada saat bersamaan pertanian juga harus siap berhadapan dengan tantangan bangsa, terkait penyediaan pangan untuk mampu bertahan di krisis global dan energi. Karena itu, Prayudi menegaskan, penguatan pembangunan komoditas perkebunan menjadi agenda prioritas untuk akselerasi kedaulatan pangan.

“Hilirisasi pertanian juga harus diperkuat oleh kegiatan promosi dan advokasi yang dilakukan secara terintegrasi salah satunya melalui pameran Agrofood Expo ini. Promosi bukan sekadar mempertahankan pasar, tetapi juga memperluas pasar. Sedangkan advokasi memperkuat nilai suatu produk pertanian,”.Kata Prayudi.

Berkonsep memadukan bussiness to bussiness (B to B) dengan bussiness to customer (B to C), Direktur Utama Wahyu Promo Citra Sukur Sakka, bilang, Agrofood Expo berkonjungsi dengan sejumlah zona khusus sesuai dengan sektor bisnis terkait, yaitu FoodDrink Expo, IIMA (Indonesia Machinery Agriculture ), Gastronomy Festival (pameran makanan & minuman olahan) dan Coffee, Cocoa, Tea Festival.

Dengan begitu, ekosistem pelaku usaha yang terbentuk menjadi semakin kondusif bagi perluasan akses pasar. Pada kesempatan ini juga sekaligus peluncuran Coffee Lovers Preference Taste (CloPT), sebuah metode pengujian kualitas dan cita rasa kopi yang diinisiasikan oleh Jamil Musanif dan Putri Siswandewi. Agrofood Expo menjadi ajang yang efektif untuk mempertemukan kebutuhan petani, pekebun, pelaku agribisnis dengan potensial pembeli.

Adapun komoditas yang ditawarkan dalam pameran ini merupakan unggulan dan dibutuhkan pasar, meliputi komoditas pertanian, perkebunan, produk olahannya, seperti kopi, tea, kakao, beras, rempah-rempah, dan sebagainya.  Sejumlah brand dari industri makanan olahan juga hadir sebagai komoditas pangan unggulan, diantaranya Bola Deli, De Health Supplies, Filma & Palmboom, dan sejumlah pelaku usaha kopi seperti PT Langgeng Mitra Kencana (LMK). Untuk industri packaging makanan dihadirkan Blis & Kiyomi.

“Dalam sesi Buyers Meet Sellers memberikan kesempatan yang luas bagi pelaku usaha pertanian untuk saling berjejaring sekaligus sharing pengembangan bisnis, promosi, pemasaran sekaligus pemanfaatan teknologi agiribisnis yang tepat guna untuk meningkatkan daya saing produk pertanian di pasar global,” ungkap Sukur Sakka.

Untuk meningkatkan wawasan dan mengetahui lebih dalam kebijakan dan program pemerintah terkait pertanian yang maju, mandiri, dan modern untuk terwujudnya kedaulatan pangan, pengunjung bisa mengikuti Agro Talk yang menghadirkan narasumber ahli dan praktisi di bidangnya yaitu Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Andi Nur Alam Syah, STP, M.T, perwakilan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Syarif Syaifulloh dari Petani Urban Farming Philadelphia dan Ketua Umum Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia (Maksi) Agrofood Expo 2023 & Food Drink Expo juga menyuguhkan berbagai acara menarik, sarat edukasi yang dikemas menyenangkan (fun), diantaranya Live Cooking dengan sejumlah chef dari Sirloin Restaurant, Natural Cooking Club, dan pakar kuliner nusantara William Wongso dari PT Lautan Mitra Kreasi & Velluto Gelato yang memberikan tips kreasi Gelato. Bahkan pengunjung dapat pula mengikuti tantangan Gelato (Gelato Challenge) Bagi pecinta kopi dan barista, pastinya sayang melewatkan kesempatan workshop Late Art dari Jakarta Coffee Learning. Di lokasi yang sama stage 1, juga berlangsung Artisan Tea Talkshow dan Artisan Tea got Talent! Sementara di stage 2 akan berlangsung Manual Brewing Competition dari barista Indonesia. Tidak ketinggalan bagi orang tua yang membawa serta anak, bisa mengikuti Kids Fun Decoration.

Sukur Sakka optimis penyelenggaraan Agrofood Expo tahun ini bisa menarik perhatian lebih dari 10 ribu pengunjung. Untuk target transaksi, Sukur Sakka, berharap seluruh peserta pameran dan pelaku usaha terkait bisa menemukan pasar baru yang tepat dan menjalin kerja sama berkelanjutan.( JK )

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Menhub: Angkutan Lebaran 2024 Berjalan Lancar, Namun Ada Catatan untuk Diperbaiki

0
tribundepok.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan penilaian positif terhadap pelaksanaan Angkutan Lebaran tahun 2024 yang secara umum berjalan lancar. Meskipun demikian, ada...

Keputusan SK DPP PKS Membuat Penasaran : Drama Kontroversi Jelang Pilkada...

0
tribundepok.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat (Jabar) membuat keputusan dengan menurunkan Imam Budi Hartono ( IBH ) sebagai calon wali kota dalam...

MK Tolak Permohonan Sengketa Pilpres 2024 dari Pasangan Anies-Cak Imin

0
tribundepok.com - Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengambil keputusan yang mengejutkan dengan menolak permohonan sengketa hasil Pemilihan Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yang diajukan oleh Anies...