BerandaNasionalDitandai Pemukulan Bedug dan Penandatangan Prasasti, Presiden Joko Widodo...

Ditandai Pemukulan Bedug dan Penandatangan Prasasti, Presiden Joko Widodo Resmikan Renovasi Masjid Istiqlal

tribundepok.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan renovasi Masjid Istiqlal. Peresmian tersebut ditandai dengan pemukulan bedug dan penandatangan prasasti oleh Jokowi, yang didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasarudin Umar.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan renovasi Masjid Istiqlal hari ini,” ujar Jokowi saat membuka peresmian di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (7/1/2021).

Dalam sambutannya, Jokowi mengucapkan rasa syukur karena renovasi Masjid Istiqlal dapat rampung dengan baik.

Apalagi renovasi tersebut merupakan yang pertama sejak 42 tahun yang lalu. Tak tanggung-tanggung, renovasi masjid kebanggaan bangsa Indonesia menelan anggaran sebesar Rp 511 miliar yang diambil dari APBN.

“Saya melihat Masjid Istiqlal telah berubah total dan tampak seperti baru lagi. Landscape-nya ditata ulang menjadi indah dan semakin kelihatan tertata rapi. Lantainya juga saya lihat sudah tiga kali lebih berkilau, tata cahayanya juga diganti sangat mudah dan indah. Sungai yang membelah Masjid Istiqlal juga semakin bersih dan rapi,” terang Jokowi.

Tidak hanya itu, Kepala Negara juga menyampaikan apresiasi yang tinggi, karena dalam proses renovasi, tidak hanya memaksimalkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah, tetapi juga tetap mempertahankan cagar budaya Masjid Istiqlal yang telah dibangun pada tahun 1953.

“Saya juga ingin menyampaikan apresiasi yang tinggi, karena dalam proses renovasi ini tidak hanya memaksimalkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah, tetapi juga memperhatikan aspek arsitektur, aspek seni, aspek estetika dan yang tidak kalah penting tetap mempertahankan kaidah-kaidah cagar budaya bangunan masjid yang sangat penting,” ungkap Jokowi. (Red)

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

J&T Express Bersama IPEA Luncurkan Prangko Eksklusif Guna Dukung Inovasi Dan...

0
tribundepok.com, Jakarta -- Dalam rangka mendukung inovasi dan kemajuan industri pengiriman di Indonesia J&T Express bersama Indonesia Performance Excellence Award (IPEA) meluncurkan prangko eksklusif...

Kisruh di Inul Vista Karaoke: Kasus Penganiayaan Masih Menggantung, Rekaman CCTV...

0
tribundepok.com - Kasus keributan dan penganiayaan yang terjadi di outlet Inul Vista Karaoke DMall Margonda pada 8 Juni 2024 telah berlangsung lebih dari satu...

Nikmati Promo All You Can Eat Dimsum Sunday Brunch Di Hotel...

0
tribundepok.com – Hotel Ciputra Jakarta menyediakan penawaran menarik bagi para pecinta dimsum dengan beragam pilihan hidangan lezat dan otentik. Dengan menghadirkan “All You Can Eat...