BerandaSeputar DepokBappeda Kota Depok Mulai Susun RPJPD 2025-2045 Menjaring Isu...

Bappeda Kota Depok Mulai Susun RPJPD 2025-2045 Menjaring Isu Strategis Berbasis Demografi

tribundepok com – Pembangunan daerah yang adil dan merata sangat penting untuk masyarakat supaya lebih sejahtera. Agar pembangunan daerah berjalan baik, diperlukan rencana pembangunan daerah yang disesuaikan dengan isu strategis.Kota Depok memiliki Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) yang memuat visi, misi dan arah pembangunan daerah 20 tahun kedepan

Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok mulai menyusun rancangan awal (draft) dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Depok 2025-2045.

Bappeda Kota Depok Mulai Susun RPJPD 2025-2045 Menjaring Isu Strategis Berbasis Demografi

Penyusunan dokumen perencaan pembangunan kota periode 20 tahunan ini melibatkan unsur perangkat daerah, akademisi, dan pemangku kepentingan lainnya.

Kepala Bappeda Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, salah satu tahapan penyusunan dokumen rancangan awal RPJPD adalah menjaring isu-isu strategis sesuai fakta yang terjadi saat ini dan isu yang akan mungkin terjadi sampai 2045. Oleh sebab itu, diperlukan penampungan aspirasi dari berbagai pihak.

“Kami harap dari agenda ini dapat merumuskan isu faktual yang bisa memberikan gaidens untuk Visi Kota Depok 20 tahun ke depan yang dirumuskan dalam RPJPD 2025-2045,” jelasnya seperti dikutip berita.depok.co.id Rabu (13/09/23).

Dikatakan Dadang Wihana Visi Kota Depok yang tertuang dalam RPJPD 2005-2025 adalah menjadi Kota Niaga dan Jasa yang Religius dan Berwawasan Lingkungan. Kini visi tersebut akan dievaluasi apakah masih relevan hingga tahun 2045.

Menurut Dadang Wihana Selain menjaring isu strategis, dalam menyusun dokumen RPJPD juga merujuk pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN), RPJP Provinsi Jawa Barat, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau (SDGs).

“Seperti urusan wajib pemerintahan salah satunya memperhatikan Standar Pelayanan Minimal. Demikian pula isu tentang dinamic governance dan transformasi digital. Posisi Depok sangat strategis harus melangkah ke era industri 4.0 menuju 5.0, serta era globalisasi 3.0,” ujarnya

Dalam waktu 20 tahun ke depan,kata Dadang tantangan dunia akan lebih dahsyat, dalam konteks global juga perkembangan dunia akan cepat berubah, sehingga harus cerdas dalam memanfaatkan bonus demografi sebagai kekuatan utama

Ia menambahkan beberapa isu yang akan diindentifikasi berdasarkan analisis data yang dikaji oleh Universitas Indonesia (UI) Depok, di antaranya adalah kemacetan, banjir, kemiskinan perkotaan, pengangguran, pendidikan, kesehatan, gini rasio, dan lain-lain.

Hasil identifikasi isu ini akan sangat mempengaruhi kualitas perumusan naskah akademik RPJPD 2025-2045, yang harus dapat menjawab kebutuhan pembangunan daerah.

“Meski baru berusia 27 tahun Depok bisa menunjukkan dirinya sejajar dengan kota lain di Indonesia. Angka kemiskinan kelima terendah secara nasional, IPM ketiga di Jawa Barat, akan tetapi kita perlu terus perbaiki proses dan capaiannya,” tutur Dadang.

“RPJPD Kota Depok 2025-2045 berbasis demografi jadi hal utama, karena pembangunan harus mengutakan penduduk,” pungkasnya. ( Red )

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Silaturahmi Jaguar Family Skadron Udara 45 Wujudkan Slogan “Once Jaguar We...

0
tribundepok.com - Jakarta - Kepala Staf Komando Operasi Udara (Kaskoopsud) I, Marsekal Pertama TNI Daan Sulfi, S.Sos., M.Si., M.Han., menghadiri silaturahmi Jaguar Family Skadron...

Pengamat Politik Unas : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

0
tribundepok.com - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah semangat kolektivisme (kebersamaan), sehingga pengambilan keputusan berdasarkan musyawarah untuk...

Sambut Liburan Sekolah Hotel Ciputra Jakarta Berikan Diskon Hingga 20% Untuk...

0
tribundepok.com, Jakarta – Liburan sekolah sudah dekat, momen ini sangat dinantikan oleh anak-anak untuk rileks sejenak dan membuat kenangan indah bersama teman-teman dan keluarga. Dalam...