BerandaSeputar DepokAPD Sebut Ada 64 Bacaleg DPRD Depok Produk Impor

APD Sebut Ada 64 Bacaleg DPRD Depok Produk Impor

tribundepok.com – Pada pemilu 2024, partai di Depok mendaftarkan 64 bacaleg yang tidak ber KTP Depok atau dari luar daerah. Hal tersebut diungkapkan Koordinator Daerah Akademi Pemilu dan Demokrasi (APD) Depok Dede Selamet Permana.

Dari data daftar calon sementara (DCS) DPRD Kota Depok untuk pemilu 2024 ada 771 bacaleg, terdiri dari 473 laki-laki dan 298 perempuan.

APD Sebut Ada 64 Bacaleg DPRD Depok Produk Impor

“Dari junlah itu, kami analisis data DCS ada 64 bacaleg impor, ” kata Dede, dalam keterangan tertulis yang dikutip , Rabu (30/8/2023).

Hal itu dilihat dari bacaleg yang non KTP Depok tetapi dari berbagai daerah yang mencoba peruntungan dengan berkontestasi merebut kursi DPRD Kota Depok.

“Dari 17 parpol, jumlah bacaleg non KTP terbanyak berasal dari Partai Nasdem sebanyak 11 orang, sedangkan hanya PKS dan PBB seluruh bacalegnya merupakan warga Depok,” ungkap Dede.

Ia mengatakan, dari sisi daerah pemilihan (dapil), jumlah bacaleg impor paling banyak ditemukan di dapil Depok 6 (Sawangan, Bojongsari,Cipayung) 16 orang.

“Yang paling sedikit ada di dapil Depok 1 (Pancoran Mas) ada 6 orang,” ujar mantan komisioner Bawaslu Kota Depok periode 2018-2023 ini.

Ia menilai Kota Depok yang multi etnis dan penyokong Ibukota membuat medan persaingan menjadi terbuka bagi siapa saja.

“Tingginya jumlah bacaleg non KTP Depok menunjukkan bahwa kualitas dan kapasitas kader partai politik dari kalangan warga Depok masih perlu ditingkatkan agar mampu berkontestasi secara lebih baik,” ucap Dede.( JK )

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

Hadapi Pilkada Depok 2024, Ormas Maluku Satukan Suara untuk Kota yang...

0
tribundepok.com - Dalam persiapan menghadapi Pilkada Kota Depok 2024, sejumlah organisasi masyarakat (ormas) dan paguyuban Maluku di Kota Depok menggelar rapat bersama yang berlangsung...

Harapan Walikota Depok: Kampung KB RW 19 Baktijaya Raih Juara Tingkat...

0
tribundepok.com - Walikota Depok, Mohamad Idris, menaruh harapan besar pada Kampung Keluarga Berkualitas (KB) RW 19, Komplek Pelni, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, untuk meraih...

Imam Budi Hartono : Perusahaan Berperan Kunci dalam Pengurangan Pengangguran di...

0
tribundepok.com - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono, mengungkapkan pentingnya peran perusahaan dalam upaya mengurangi angka pengangguran di Kota Depok. Dalam upaya tersebut,...