BerandaKesehatan5 Aktivitas Yang Bisa Meredakan Stres, Patut Dicoba!

5 Aktivitas Yang Bisa Meredakan Stres, Patut Dicoba!

tribundepok.com – Stres merupakan respons fisiologis dan psikologis terhadap tekanan atau tuntutan yang dikenakan pada seseorang.

Ini adalah reaksi alami tubuh terhadap situasi atau peristiwa yang dianggap sebagai tantangan, ancaman, atau perubahan.

Selain itu, stres juga merangsang sistem saraf untuk melepaskan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin. Ini memicu respons tempur atau lari, di mana detak jantung meningkat, pernapasan menjadi cepat, dan otot-otot tegang.

5 Aktivitas Yang Bisa Meredakan Stres, Patut Dicoba!

Ada dua jenis stres yakni akut dan kronis. Stres akut itu adalah respons singkat terhadap situasi tertentu, sementara stres kronis terjadi berkepanjangan dan dapat memiliki dampak jangka panjang pada kesehatan.

Kemudian, stres juga dapat menyebabkan perasaan cemas, gelisah, marah, atau bahkan depresi. Orang yang mengalami stres berlebihan mungkin merasa kewalahan dan sulit untuk berkonsentrasi.

Pemicu stres sendiri itu bisa beragam, termasuk tekanan pekerjaan, masalah keuangan, perubahan besar dalam kehidupan, hubungan yang sulit, atau bahkan tuntutan pribadi yang tinggi.

Memberikan waktu untuk istirahat dan pemulihan itu penting dalam mengatasi stres. Pemulihan yang buruk juga bisa memperburuk dampak stres.

Ini adalah beberapa aktivitas yang bisa membantu untuk meredakan stres

1. Meditasi dan Mindfulness

Latihan meditasi dan perhatian penuh (mindfulness) membantu menenangkan pikiran dan fokus pada momen sekarang, mengurangi kecemasan dan stres.

2. Olahraga

Aktivitas fisik seperti berjalan kaki, berlari, berenang, atau yoga dapat melepaskan endorfin, hormon “perasaan baik” yang membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.

3. Seni Kreatif

Melukis, menggambar, atau melakukan kerajinan tangan dapat menjadi cara yang bagus untuk mengekspresikan diri dan mengalihkan pikiran dari tekanan.

4. Mendengarkan Musik

Musik yang menenangkan atau musik favorit Anda dapat membantu meredakan ketegangan dan mengubah suasana hati.

5. Menghirup Aroma

Aromaterapi menggunakan minyak esensial seperti lavender atau peppermint dapat membantu mengurangi stres dan menciptakan suasana yang santai. (RAF)

tribundepok.com
tribundepok.comhttp://tribundepok.com
tribundepok.com - faktual update
spot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

COPYRIGHT © 2018 TRIBUNDEPOK.COM. ALL RIGHTS RESERVED

KPU Kota Depok Mulai Lakukan Tahapan Pilkada Serentak 2024

0
tribundepok.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat tengah melakukan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024, kini melakukan evaluasi panitia pemilihan...

Pertamina NRE Gandeng Universitas Pertamina Perkuat Kompetensi Green Skills Mahasiswa

0
tribundepok.com - Dalam upaya mendukung Indonesia mencapai target Net Zero Emission dan mengoptimalkan pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT), Sub-holding Pertamina New Renewable Energy (NRE)...

Menhub: Angkutan Lebaran 2024 Berjalan Lancar, Namun Ada Catatan untuk Diperbaiki

0
tribundepok.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan penilaian positif terhadap pelaksanaan Angkutan Lebaran tahun 2024 yang secara umum berjalan lancar. Meskipun demikian, ada...